Bendungan Sidoagung gelar Kirab Budaya "Tri Manunggaling Karso"

id Merti dusun

Bendungan Sidoagung gelar Kirab Budaya "Tri Manunggaling Karso"

Ilustrasi- Merti "Golong Gilig" di Kota Yogyakarta (Foto jogja.antaranews.com) (jogja.antaranews.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Masyarakat Padukuhan Bendungan Sidoagung Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar Kirab Budaya "Tri Manunggaling Karso" pada Minggu 24 Desember 2017 untuk memeriahkan kegiatan tradisi Merti Dusun atau bersih desa.

"Acara kirab budaya tersebut selain dalam rangka merti dusun padukuhan setempat juga untuk memelihara dan menumbuhkembangkan kegiatan seni budaya dan pariwisata di wilayah setempat," kata Ketua Panitia Kirab Budaya Suroso, Jumat.

Menurut dia, pembukaan Merti Dusun dilaksanakan Jumat 22 Desember 2017 Jam 19.30 WIB dengan diawali dengan Tarian Sekar Pudyastuti, dan dimeriahkan dengan berbagai atraksi diantaranya Tari Gambyong, Panembromo, Tari Kreasi Seni Modern "Nepsu", Pethilan Wayang Orang, dan ditutup dengan Drama Klasik "Suminten Edan".

"Kemudian agenda pada Sabtu 23 Desember 2017 Jam 10.00 hingga 15.00 WIB adalah wayang kulit oleh Dalang Ki Syukur Hadi Pranoto, dan pada malam harinya dipentaskan karawitan "Sekar Cempoko", Joget Angguk, Akustik ANDAB serta Koes Plus Band," katanya.

Ia mengatakan, puncak acara dilaksanakan pada Minggu 24 Desember 2017 Jam 11.00 hingga 17.00 yang berupa Kirab Budaya "Tri Manunggaling Karso".

"Rangkaian acara masih berlangsung pada Senin 25 Desember 2017 Jam 19.30 hingga 22.30 WIB dengan berbagai kesenian yaitu Macapat Sekar Warih, tari Gandheng Gendheng Gendeng IMUTU, Sholawat Maulud," katanya.

Suroso mengatakan, pada Selasa 26 Desember 2017 Jam 09.00 hingga 12.00 WIB juga diagendakan bakti sosial berupa donor, dan malam harinya mulai jam 19.30 WIB dipentaskan Tari Oglek.

"Setelah itu dilanjutkan dengan upacara penutupan yang diakhiri dengan pentas Kethoprak Siswo Mudo Budoyo dengan bintang tamu Ari Purnomo Mbah Kenyut, Novi Kalur Bin Kawer," katanya.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024