PLN jamin menjelang Natal pasokan listrik aman

id pasokan listrik aman,listrik jelang natal

PLN jamin menjelang Natal pasokan listrik aman

PLN Yogyakarta

Yogyakarta (Antara) - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjamin pasokan listrik di Derah Istimewa Yogyakarta aman dalam memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 karena kemampuan daya listrik mencukupi.?

"Hingga beban penggunaan tertinggi kami pastikan pasokan listrik di DIY masih mencukupi," kata Kepala Humas PT PLN (Persero) Area Yogyakarta Paulus Kardiman di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, selama momentum Natal dan Tahun Baru akan terjadi peningkatan pemakaian daya listrik masyarakat khususnya pada malam hari dari hari biasanya.

Ia menyebutkan, mengacu pengalaman pada Natal 2017 beban tertinggi penggunaan listrik pada siang hari mencapai 299,57 megawatt (MW) dan pada malam hari mencapai 299,57 MW.

Namun demikian, lonjakan pemakaian daya itu, kata Kardiman, masih dalam kategori aman jika dibandingkan kemampuan pasokan daya listrik PLN untuk wilayah DIY yang mencapai 930 MW per hari.

"Pasokan aman, mudah-mudahan tidak ada gangguan yang diakibatkan oleh cuaca ekstrem, utamanya angin bisa membuat hubung singkat jaringan dengan pohon maupun antar jaringan," kata Kardiman.

Selanjutnya, ia megatakan untuk menghindari gangguan jaringan listrik selama pelaksaan momen perayaan Natal dan Tahun Baru, petugas PLN mengintensifkan inspeksi guna memastikan keamanan seluruh jaringan distribusi listrik.

"Untuk kesiapsiagaan kemungkinan gangguan jaringan, selalu ada standar operasional prosedur (SOP) setiap peringatan hari besar nasional maupun kunjungan pejabat penting," kata Kardiman. (T.L007)