Dishub Bantul terjunkan personel kendalikan lalu lintas liburan

id lalu lintas

Dishub Bantul terjunkan personel kendalikan lalu lintas liburan

Polisi lalu lintas (Foto ANTARA)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerjunkan personel untuk pengendalian lalu lintas di jalur-jalur utama daerah ini dalam rangka libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

"Personel yang diterjunkan dalam rangka mendukung manajemen, rekayasa, dan pengendalian lalu lintas menghadapi Natal dan Tahun Baru totalnya sebanyak 120 orang," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Aris Suharyanto di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, personel yang diterjunkan tersebut akan diploting ke beberapa lokasi yang dideteksi akan dipadati kendaraan atau konsentrasi massa, baik saat malam Natal, libur Natal dan pergantian malam Tahun Baru 2018.

Ia mengatakan, pada malam Natal mulai 24 Desember sore diterjunkan sebanyak 33 personel untuk berjaga di kawasan enam gereja wilayah Bantul dengan masing-masing gereja terdiri lima sampai tujuh personel.

"Sedangkan pada hari Natal (25 Desember) akan diterjunkan 22 personel di empat gereja besar, dengan ploting masing-masing lima sampai enam orang tiap gereja," katanya.

Sementara itu, sedangkan pada malam Tahun Baru seluruh kekuatan personel Dishub Bantul yang berjumlah 120 orang diterjunkan untuk mengendalikan lalu lintas di 10 titik di jalur utama maupun wisata.

Ia menyebutkan, 10 titik itu antara lain kawasan Lapangan Paseban depan kantor Bupati Bantul, Pasar Seni Gabusan Jalan Parangtritis, simpang empat Manding, simpang empat Bakulan dan kawasan TPR (tempat pemungut retribusi) Parangtritis.

Selanjutnya seputaran hotel Gandung kawasan wisata Parangtritis, Pos Dishub Mancingan, barat Lapangan Parangkusumo, dan kawasan JEC (Jogja Expo Center) Banguntapan dan kawasan bukit Hargodumilah Piyungan.

"Kami juga sudah menyiapkan sarana prasarana lalu lintas terutama rambu-rambu petunjuk arah di jalur utama maupun alternatif, water barier, traffic cone untuk rekayasa lalu lintas," katanya.

Selain merekayasa lalu lintas, kata dia, personel juga melakukan pemantauan dan pemeliharaan LPJU, penanganan parkir, pemantauan dan monitoring lalu lintas serta pemandu informasi penumpang serta kendaraan.

"Dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru kami juga menyiapkan rest area di Terminal Palbapang dan Pasar Seni Gabusan untuk dimanfaatkan pengendara untuk beristirahat," katanya.
(T.KR-HRI)