Dispar berharap wisatawan memanfaatkan Posko Informasi Wisata

id Posko Informasi Wisata

Dispar berharap wisatawan memanfaatkan Posko Informasi Wisata

Jl. Malioboro Yogyakarta (Foto Antara/Noveradika)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau wisatawan atau masyarakat dari luar kota memanfaatkan posko informasi wisata selama menghabiskan libur panjang Natal dan Tahun Baru di Kota Gudeg itu.

"Khususnya bagi wisatawan dari luar kota kami harapkan memanfaatkan posko-posko informasi wisata yang kami siapkan," kata Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Putu Kertiyasa di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, dengan memeroleh informasi dari posko wisata tersebut, wisatawan diharapkan tidak hanya mengunjungi objek wisata populer, melainkan juga dapat mengunjungi puluhan objek wisata baru atau alternatif di lima kabupaten/kota di DIY.

Posko wisata yang ditujukan untuk meningkatkan promosi wisata sekaligus wahana informasi wisata selama libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 itu dibuka di empat lokasi strategis yakni di Bandara Adisutjipto, Stasiun Tugu, Malioboro, dan Kantor Dinas Pariwisata DIY.

Empat posko informasi wisata itu beroperasi sejak 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

Menurut Putu, destinasi wisata populer atau yang umum dikunjungi wisatawan selama ini, menurut dia, masih meliputi Keraton Yogyakarta, Taman Pintar, Candi Borobudur, kebun binatang Gembira Loka, serta Candi Prambanan.

"Padahal masih banyak destinasi wisata baru yang tidak kalah menarik dikunjungi," kata dia.

Ketua Asosiasi Tour dan Travel Agen Indonesia (Asita) Daerah Istimewa Yogyakarta Udhi Sudhiyanto mengatakan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018, pihaknya juga memprioritaskan promosi destinasi wisata baru di daerah itu.
"Kami menyiapkan destinasi yang kemungkinan wisatawan belum pernah berkunjung," kata Udhi.

Menurut Udhi, hampir setiap tahun muncul objek-objek wisata baru, baik kuliner maupun alam, di Yogyakarta, seperti Telaga Biru di Semin, flying fox di Gedangsari, Gunung Kidul, Kali Biru di Kulon Progo, serta Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul.


(T.L007)