Bupati Sleman serahkan bantuan IPAL komunal Ponpes MBS

id Ipal

Bupati Sleman serahkan bantuan IPAL komunal Ponpes MBS

Ilustrasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) (antarafoto.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo, menyerahkan dokumen pengadaan IPAL Komunal sekolah untuk Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Prambanan yang memiliki ribuan santri, Selasa.

Penyerahan tersebut setelah Bupati Sleman menerima dokumen IPAL Komunal dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman Purwanto dan kemudian diserahkan kepada pengelola MBS Prambanan Sleman.

Ikut mendampingi pada kesempatan tersebur antara lain Badan Pelaksana Harian MBS Prambanaan Sleman Samsul Bakri.

Disamping itu pada kesempataan tersebut juga diserahkan bantuan bibit tanaman buah berupa Manggis, Mangga, Kepel.

Dengan penyerahaan bantuan bibit tanaman tersebut bukan hanya sebagai penghijauan, akantetapi bisa dimanfaatkan buahnya oleh para santri.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan dengan diserahkannya dokumen pengadaan IPAL Komunal tersebut kondisi Pondok Pesantren yang menampung ribuan santri akan lebih baik dan terjaga, mulai dari liungkungaan juga kesehantannya.

"Mengingat banyaknya santri tersebut tentu membutuhkan mulai kamar mandi/toilet yang cukup banyak," katanya.

Menurut dia, dengan bantuan tersebut diharapkan santri akan nyaman bila IPAL Komunel tersebut sudah berfungsi.

"Yang jelas banyaknya santri yang mondok maka tentu limbah yang ditimbulkan akan banyak juga, kalau hal tersebut tidak segera ditangani maka akan menimbulkan masalah," katanya.

Sedangkan Samsul Bakri mengatakan bahwa MBS Prambanan Sleman tersebut sudah berusia 10 tahun, dan selama 10 tahun tersebut merupakaan fase perjuangan yang luar biasa.

"Yang semula santrinya hanya sedikit hanya puluhan, tetapi saat ini sudah mencapai ribuan yang berasal dari seluruh Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, kondisi pesantren yang saat ini termasuk representatip tersebut, bahkan tidak mampu menampung semua santri yang mendaftar, tentu untuk masuk harus dengan seleksi.

Disamping penyerahan bantuan dokumen IPAL Komunal, pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan Raport yaang dihadiri semua wali murid.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024