UAD selenggarakan kompetisi robot nasional tingkat SD-SMP

id kompetisi robot,merakit robot

Ajang kompetisi robot ADRC 2017 yang diselenggarakan di aula XT Square Yogyakarta adalah penyelenggaraan yang ke-enam oleh Himpunan Mahasiswa Elektro UAD sejak tahun 2011.

Yogyakarta - (Antara) - Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menyelenggarakan kompetisi robot nasional bertajuk "Ahmad Dahlan Robotic Competition (ADRC)" tingkat pelajar sekolah dasar sampai menengah pertama.

"ADRC (Ahmad Dahlan Robotic Competition) 2017 ini adalah lomba robot tahunan berskala nasional yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Elekto UAD bekerjasama dengan Robotic Development Comunity (RDC)," kata Koordinator Sponsorship ADRC Vernandi Yusuf di sela kompetisi di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, ADRC 2017 yang diselenggarakan di aula XT Square Yogyakarta ini merupakan penyelenggaraan yang ke-enam, karena kompetisi tersebut telah diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Elektro UAD sejak tahun 2011.

Vernandi menjelaskan, pada kompetisi robot kali ini diikuti sebanyak 122 peserta perwakilan dari pelajar SD dan SMP di seluruh Indonesia, dengan kategori robot Sumo ada 47 peserta, kategori robot Line followers ada 75 peserta.

Pada kategori Sumo, kata dia, para peserta kompetisi diajak untuk menciptakan robot yang kuat untuk menjatuhkan pesaingnya layaknya olahraga Sumo, sedangkan kategori Line Followers pada segi kecepatan sampai finish.

"Pada dasarnya ADRC ini merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk menggali potensi serta meningkatkan kreativitas dan inovasi bagi generasi muda dalam bidang robotika sejak dini atau sejak usia SD dan SMP," katanya.

Ia mengatakan, dalam kompetisi ini akan diambil empat juara dan desain terbaik pada kategori kompetisi Line Follower, kemudian empat juara, desain terbaik, strategi terbaik, pertahanan terbaik dan inovasi terbaik untuk kategori lomba Sumo.

"ADRC ini terjadi karena banyaknya antusias peserta yang sangat besar mengenai robot maka dari Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro UAD menggadakan lomba ini untuk mengadu kreativitasnya dan inovasinya dalam bidang robotika," katanya.

Sedangkan manfaat yang dapat diambil dari mahasiswa sendiri, kata dia, dapat melihat semangat dan kreativitas para pelajar milenial sekarang ini, yang nantinya bisa bermanfaat dalam memajukan teknologi bidang robotika. (T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar