Perolehan bulan dana PMI Bantul 2017 naik

id bulan dana PMI,PMI Bantul

PMI (istimewa)

Bantul - (Antara) - Perolehan Bulan Dana Palang Merah Indonesia Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2017 mengalami kenaikan sebesar Rp37,8 juta dibanding perolehan Bulan Dana PMI Tahun 2016.

"Perolehan Bulan Dana PMI Bantul dari tahun-tahun sebelumnya mengalami kenaikan, terutama perolehan tahun 2016 sebesar Rp500.118.000 menjadi Rp538.000.000 di tahun 2017, jadi ada kenaikan Rp37.882.000," kata Ketua PMI Cabang Bantul Wirmon Samawi pada acara Bulan Dana PMI Tahun 2017 di Bantul, Kamis.

Penyerahan Bulan Dana PMI secara simbolis dilakukan Ketua Harian PMI Bantul yang juga Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih kepada Ketua PMI Bantul Wirmon Samawi yang disaksikan Ketua PMI DIY Prabu Kusumo.

"Dana PMI tersebut akan digunakan dengan penuh kemanfaatan bagi kegiatan kemanusiaan untuk masyarakat di Kabupaten Bantul ini," kata Wirmon.

Sementara itu, berdasarkan laporannya kecamatan yang telah mengumpulkan dana PMI terbanyak adalah tiga kecamatan terbesar urutannya Kecamatan Bambanglipuro, kemudian Kecamatan Jetis kemudian Kecamatan Sanden.

Sedangkan kategori perolehan OPD yaitu, terbanyak pertama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, terbanyak kedua Dinas Pendidikan Menengah dan perolehan, kemudian terbanyak ketiga Kantor Kementerian Agama Bantul.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul sekaligus Ketua Harian PMI Bantul Abdul Halim Muslih memberikan apresiasi kepada pengurus dan semua tenaga PMI Bantul yang telah melakukan banyak hal terhadap pelayanan kemanusiaan khususnya di Bantul.

"Kami juga patut bangga bahwa Bantul telah ditunjuk sebagai Daerah Teladan Kerja Relawan di DIY. Untuk itu mari kita tingkatkan jiwa kerelawanan dan kita jaga serta lestarikan penghargaan yang berakar dari rasa dan tingkat kerelawanan masyarakat yang telah membudaya di Bantul ini," katanya.

Menurut dia, karena semua kejadian bencana, dan hal-hal yang berhubungan dengan masalah-masalah kemanusiaan tidak dapat diampu oleh pemerintah sepenuhnya, maka kerja kemanusiaan seperti yang dilakukan PMI harus didukung bersama untuk kesukseskan bersama.

Wabup mengatakan, eksitensi kerja PMI tentu harus didukung oleh sumber dana yang kuat, berkelanjutan dan penggunaan dana yang disertai pengelolaaan yang transparan serta pengumpulan dana dari donatur secara terus-menerus.

"Ke depan PMI akan melakukan terobosan dalam penggalangan potensi masyrakat dengan berbagai cara. PMI harus kreatif dalam melakukan aktivitas, sehingga dapat lebih menarik minat masyarakat untuk ikut serta dalam penggalangan dana kemanusiaan," katanya.
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar