860 personel amankan pergantian tahun di Bantul

id pergantian tahun, polisi

860 personel amankan pergantian tahun di Bantul

Ilustrasi (ist)

Bantul (Antara Jogja) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerjunkan sekitar 860 personel dalam rangka pengamanan perayaan malam pergantian tahun dan libur Tahun Baru 2018 di wilayah hukum setempat.

"Kalau untuk perayaan tahun baru diterjunkan sekitar 260 personel ditambah dengan aparat bantuan kurang lebih sekitar 600 orang yang tersebar di wilayah hukum polsek-polsek," kata Kepala Polres (Kapolres) Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi di Bantul, Jumat.

Menurut dia, personel kepolisian dari polres dan polsek jajaran itu diterjunkan untuk memantau dan mengendalikan situasi keamanan di beberapa titik yang menjadi konsentrasi massa yang mereka akan merayakan pergantian tahun.

"Di wilayah Bantul ini ada sebanyak 22 titik konsentrasi massa pada perayaan pergantian tahun mulai dari wilayah Bantul sampai Banguntapan sampai Parangtritis dengan jumlahh orang yang berbeda-beda setiap wilayah," katanya.

Kapolres Bantul mengatakan dalam pengamanan dan pengendalian situasi keamanan, ketertiban masyarakat itu, selain melibatkan polsek jajaran juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait baik dari TNI maupun Pemda.

"Kita juga sudah mengawali koordinasi dengan instansi terkait baik itu dari TNI, Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja), Dinas Perhubungan termasuk relawan yang membantu kita dalam rangka mensuskeskan pergantian tahun," katanya.

Meski demikian, kata Kapolres, di sisi lain pihaknya mengimbau kepada masyarakat maupun wisatawan yang merayakan pergantian tahun dan Tahun Baru 2018 di Bantul mematuhi aturan yang ada dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami imbau mereka agar tertib, silahkan merayakan pergantian tahun dengan baik tanpa mengganggu orang lain, gunakan kendaraan sesuai dengan kebutuhan, kemudian juga ikuti aturan tertib lalu lintas dan jaga kondisi aman," katanya.

Kapolres juga mengatakan sudah mengevaluasi kegiatan-kegiatan kaitannya dengan liburan Natal, dan pola pengamanan termasuk langkah-langkah dalam memberikan kenyamanan kepada masyarakat saat perayaan Tahun Baru dan liburan nanti akan dioptimalkan.

"Dan Insya Allah pada pergantian tahun kita akan lebih optimalkan keberadaan anggota kita di lapangan, keberadaan fasilitas dan sarana jalan termasuk melakukan koordinasi dengan instansi terpadu," katanya.
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024