Polres tindak pengelola parkir lipatgandakan tarif

id Polres bantul

Polres tindak pengelola parkir lipatgandakan tarif

Mapolres Bantul (Foto Antara)

Bantul, (Antaranews Jogja ) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menindak tegas pengelola maupun petugas parkir di objek wisata wilayah hukum kabupaten setempat yang melipatgandakan tarif parkir kendaraan.

"Kalau nanti mereka ada yang melipatgandakan daripada angka-angka dalam tarif parkir itu, tentu akan kami panggil dan kami ajak komunikasi," kata Kepala Polres (Kapolres) Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi di Bantul, Minggu.

Menurut dia, dalam mencegah atau mengantisipasi adanya pengelola parkir di tempat wisata yang menaikkan tarif atau melipatgandakan saat libur akhir tahun ini, pihaknya sudah mengumpulkan pengelola parkir melalui paguyuban.

Kapolres mengatakan, dan sejauh ini untuk kawasan wisata di wilayah Bantul seperti Pantai Parangtritis dan wisata Mangunan Dlingo, tarif yang diberlakukan sudah sesuai dengan yang tertera dalam retribusi parkir itu.

"Alhamdulillah untuk saat ini belum ditemukan (melipatgandakan tarif parkir) untuk di tempat-tempat wisata, kalaupun ada nanti pasti akan tindak, karena ini menyangkut masalah kenyamanan para wisatawan," katanya.

Selain tidak memberikan kenyamanan bagi wisatawan, lanjut Kapolres, dengan menaikkan tarif parkir secara tidak wajar juga memengaruhi nama baik dari Kabupaten Bantul itu sendiri, khususnya terhadap destinasi wisata yang masih dikembangkan.

"Jangan sampai hanya karena masalah parkir wisatawan khususnya dari luar tidak nyaman, dan itu sudah kami sampaikan jauh-jauh hari, sudah kami kumpulkan para pokdarwis, pengelola parkir, pengelola wisata untuk tidak menaikkan parkir," katanya.

Kapolres mengatakan, kalaupun terpaksanya ada peningkatan tarif parkir pengelola parkie harus benar-benar melaporkan kepada instansi yang berkompeten di bidangnya seperti Dinas Perhubungan (Dishub) ataupun Dinas pendapatan daerah.

"Dan kalau kami hanya imbau semacam itu, kalaupun nanti ada masyarakat wisatawan mengeluh kenaikan parkir karena tiba-tiba tarifnya melonjak tajam laporkan saya, akan kita tindak, tertibkan. Karena sudah ada komitmen sejak awal," katanya.***2***


(KR-HRI)



Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024