39.700 wisatawan rayakan pergantian tahun di Parangtritis

id Pantai Parangtritis,Bantul

39.700 wisatawan rayakan pergantian tahun di Parangtritis

Icon Pantai Parangtritis Bantul D.I.Yogyakarta (Foto Antara/Deni Priyatin/ags/15)

Bantul (Antaranews Jogja) - Petugas pemungut retribusi wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat sebanyak 39.700 wisatawan berkunjung ke objek wisata tersebut pada Minggu (3112) untuk merayakan libur pergantian tahun.

"Jumlah pengunjung ke Parangtritis dan sekitarnya sehari semalam kemarin (31/12) sekitar 39.700 orang," kata Koordinator Tempat Pemungut Retribusi (TPR) Induk Pantai Parangtritis Bantul Rohmad Ridwanto saat dikonfirmasi di Bantul, Senin.

Menurut dia, puluhan ribu pengunjung tersebut yang terdata berdasarkan penjualan tiket masuk ke objek wisata Pantai Parangtritis dan Pantai Depok yang menjadi satu paket kunjungan sejak Minggu (31/12) pagi hingga malam pergantian tahun.

Ia mengatakan, pengunjung ke Pantai Parangtritis saat itu sudah terlihat sejak pagi dan semakin bertambah volumennya pada siang, hingga sore untuk merayakan libur pergantian tahun dari tahun 2017 ke 2018.

"Lonjakan kunjungan wisatawan ke Parangtritis sekitar pukul 15.00 WIB, kalau pengunjung mayoritas wisatawan lokal dan luar daerah," kata Rahmad.

Menurutnya, sudah menjadi pemandangan umum saat libur akhir tahun para wisatawan berkunjung ke kawasan Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok dan sekitarnya untuk merayakan libur pergantian tahun.

Bahkan, kata dia, kunjungan ke objek wisata andalan Bantul ini sudah terlihat sejak libur sebelum Hari Natal 2017 hingga libur pergantian tahun, jumlah kunjungan rata-rata per hari meningkat dibanding hari libur biasanya.

"Dari data kunjungan di TPR Pantai Parangtritis sejak Sabtu (23/12/2017) sampai pergantian tahun (31/12) totalnya sebanyak 200.600 pengunjung," katanya.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru mengatakan, Pantai Parangtritis masih menjadi tujuan favorit wisatawan, sehingga selama liburan kunjungan ke objek wisata itu meningkat.

Menurut dia, dan untuk menambah semarak dalam menyambut liburan akhir tahun sejak Natal dan Tahun Baru, Dinas Pariwisata menyiapkan beberapa kegiatan di kawasan wisata pantai selatan termasuk di Pantai Parangtritis.

"Selama liburan akhir tahun ini ada festival koes plus-an di kawasan pantai selatan kemudian juga ada penampilan grup band yang cukup ngtren dari Bantul," katanya.
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024