Wisata alam dominan dikunjungi selama libur panjang

id wisata alam yogyakarta

Wisata alam dominan dikunjungi selama libur panjang

Ilustrsi Air terjun Watu Jonggol, Desa Nglinggo, Samigaluh, Kulonprogo, DI Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/pd/17)

Yogyakarta  (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat kunjungan wisatawan ke derah setempat selama libur panjang akhir tahun 2017 paling banyak menyasar destinasi wisata alam yang relatif baru dan tersebar di empat kabupaten.

"Destinasi wisata alam cukup mendominasi seperti pantai, pegunungan, dan keindahan alam lain yang dikembangkan oleh komunitas masyarakat ," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta saat ditemui di ruang kerjanya di Yogyakarta, Selasa.

Ia menyebutkan deastinasi wisata alam baru yang banyak dikunjungi, di antaranya Taman Tebing Breksi di Sleman, objek wisata di wilayah perbukitan Mangunan, Bantul, Gunung Api Purba, Nglanggeran, Gunung Kidul, serta Kali Biru di Kulon Progo, serta desa-desa wisata yang tersebar di lima kabupaten/kota.

"Bahkan saat puncak libur panjang untuk Tebing Breksi jumlah kunjungan wisatanya bisa mencapai 7.000 orang per hari," kata dia.

Menurut Aris, wisatawan yang datang ke Yogyakarta cenderung menginginkan destinasi-destinasi wista baru yang menarik untuk dikunjungi selain destinasi yang telah lama populer, seperti Malioboro, Museum Keraton Yogyakarta, Taman Pintar, serta Candi Prambanan.

"Karena Yogyakarta wilayahnya kecil jadi mereka menginginkan sesuatu yang baru. Meski untuk Malioboro masih tetap menjadi magnet sebab memiliki tampilan baru setelah direvitalisasi," kata dia.

Jika dibandingkan libur panjang akhir tahun 2016, Aris memperkirakan jumlah kunjungan wisata akhir tahun 2017 di DIY mengalami tren kenaikan 15 hingga 12 persen.

Tren kenaikan itu juga didukung dengan data faktual okupansi hotel di Yogyakarta yang rata-rata mencapai 100 persen selama libur panjang akhir tahun 2017.

Kendati data kunjungan wisata secara agregad di lima kabupaten/kota belum terakumulasi sepenuhnya, Aris optimistis kunjungan wisata selama libur akhir tahun mampu mendorong pencapaian kunjungan wisata selama 2017 yang ditargetkan 380.000 wisatawan mancanegara dan 4,8 juta wisatawan domestik.

"Semoga tercapai, karena datanya belum masuk semua, tetapi kami lihat ada tren kenaikan di akhir tahun," kata dia.
(L007) (02-01-2018 15:11:32)