Kemenag Sleman luncurkan layanan terpadu satu pintu

id Kemenag Sleman

Kemenag Sleman luncurkan layanan terpadu satu pintu

Kementerian Agama dok)

Sleman (Antara) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan reformasi dalam bidang pelayanan dengan meluncurkan program Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Program PTSP resmi diluncurkan di Kantor Kemenag Kabupaten Sleman yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala Kanwil?Kemenag DIY Muhammad Lutfi Hamid serta pengguntingan pita oleh Bupati Sleman Sri Punomo dan Kepala Kanwil Kemenag Sleman Saban Nuroni di Sleman, Rabu.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sleman Saban Nuroni mengatakan Kemenag mengumpulkan seluruh layanannya dalam satu pintu untuk mempermudah, menyingkat, dan mengefisiensikan pelayanan.

"Pelayanan melalui PTSP yang kami kembangkan ini merupakan komitmen dalam melaksanakan tugas yaitu melayani segala kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan Kementerian Agama dengan sebaik-baiknya," katanya.

Kepala Kanwil Kemenag DIY Muhammad Lutfi Hamid juga menyampaikan bahwa pola pelayanan PTSP yang memiliki moto "BerMuTu", yaitu layanan yang bersih dari berbagai pungutan, mudah dan tuntas?itu dilaksanakan dalam rangka memenuhi harapan masyarakat terhadap pelayanan yang cepat, transparan, dan akuntabel.

"Kanwil Kementerian Agama akan terus mendorong tumbuhnya budaya kerja berbasis digital melalui e-government karena persoalan teknologi dan kebutuhan masyarakat terus berkembang tentu ini akan bergulir inovasi-inovasi baru untuk pemenuhan layanan masyarakat yang lebih baik," katanya.

Ia mengatakan setidaknya ada 42 jenis layanan yang akan di-PTSP-kan, yakni Sistem Pengawasan Internal Pemerintah (SPIP) kemudian ada e-Rencana Penarikan Dana atau e-RPD, e-Kinerja yaitu seluruh ASN hasil kinerjanya terpantau atau bisa "di-input" dari telepon pintar yang mereka miliki.

"Kami juga sedang mengembangkan e-Rekom untuk pendaftaran peserta umrah dan juga e-Audit," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyambut baik peluncuran PTSP di Kemenag Kabupaten Sleman mengingat untuk DIY, Sleman menjadi kabupaten kedua yang menjalankan reformasi birokrasi itu.

"Ini semakin memperteguh semangat Sleman untuk menjadi Sleman Smart Regency, sebagaimana kita memberikan pelayanan kepada warga masyarakat se-Kabupaten Sleman dengan cara yang profesional, terukur, cepat, dan tidak melingkar-lingkar," katanya.

Melalui 42 layanan itu, Sri Purnomo berharap masyarakat dapat memanfaatkan kemudahan yang diberikan pemerintah dengan baik.

"Ini menjadi hal yang positif. Kami senang sekali mudah-mudahan masyarakat bisa memanfaatkan ini dengan baik," katanya.

Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti ke-72 Kementerian Agama Kabupaten Sleman menggelar upacara di Lapangan Pemda Sleman, Rabu. Peringatan Hari Amal Bhakti tahun ini menusung tema "Tebarkan Kedamaian".

Pada akhir upacara, Sri Purnomo memberikan penghargaan kepada para peraih prestasi dari kalangan pegawai dan siswa di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman di bidang pendidikan, bidang seni dan olahraga pada 2017, serta penganugerahan tanda kehormatan satyalacana karya satya 30 tahun, penganugerahan tanda kehormatan satyalacana karya satya 20 Tahun, penganugerahan tanda kehormatan satyalacana karya satya 10 Tahun.

Selain itu, Bupati Purnomo juga menyerahkan penghargaan kepada peraih prestasi lainnya, seperti peraih juara I KUA Teladan tingkat nasional atas nama Ujang Sihabuddin, pengawas berprestasi 2017 tingkat nasional atas nama Charisatun Nismah, kepala madrasah berprestasi tingkat nasional 2017 atas nama Ali Shofa, dan peraih juara I Laboran tingkat nasional 2017 atas nama Sri Hidayati.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024