PAN targetkan dua kursi DPR Pemilu 2019

id PAN,kursi dpr

PAN targetkan dua kursi DPR Pemilu 2019

Partai Amanat Nasional (Foto logoidme.blogspot.com) (logoidme.blogspot.com)

Bantul (Antaranews Jogja) - Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional Hanafi Rais mengatakan, partai menargetkan meraih dua kursi kegislatif di Dewan Perwakilan Rakyat RI pada Pemilihan Legislatif tahun 2019.

Hanafi Rais ditemui disela Rakerda DPD PAN Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta di Bantul, Minggu mengatakan, target dua kursi legislatif di DPR RI pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 ingin diraih setelah selama dua kali pemilu perolehan kursi PAN menurun.

"Kami PAN selama dua kali pemilu di awal yaitu 1999 san 2004 pernah mengukir sejarah yang istimewa, yaitu pusat meraih dua kursi dan meraih banyak kursi di provinsi dan masing-masing kabupaten/kota," katanya.

Hanafi melanjutkan, memang mengalami penurunan perolehan kursi di dua kali pemilu terakhir, sehingga pada Pemilu 2019 nanti kita siapkan siasat baru untuk mengantisipasi sistem pemilu yang sekarang ini dengan penghitungan suara yang baru ini.

"Untuk kemudian bisa kembali optimal seperti halnya ketika kita dulu pernah mencetak sejarah istimewa itu. Jadi target pusat kembali dua kursi, dan khususnya di Bantul yang selenggarakan Rakerda ini minimal bisa sembilan kursi," katanya.

Hanafi mengatakan, masih belum banyaknya perolehan kursi legislatif pada dua kali pemilu sebelumnya karena berbagai faktor, namun yang utama faktor calon legislatif (caleg), karena meski sudah ada di tiap daerah pemilihan (dapil), namun diakui suara belum optimal.

"Untuk caleg ini sekalipun sudah penuh di tiap dapil, cara bekerjanya kita ingin bisa lebih optimal untuk suara total partai, artinya kita nanti siapkan mekanisme bagaimana supaya antar caleg di PAN ini tidak saling berebut suara di daerah sendiri," katanya.

Akan tetapi, kata Hanafi yang duduk di anggota DPR RI ini, justru para caleg bisa mencari suara di ladang atau wilayah berbeda beda, sehingga ketika ditotal suaranya akan naik dan bisa meraih lebih dari satu kursi di tiap dapil.

"Sehingga mekanisme mekanisme di internal inilah yang sedang kita siapkan melalui Rakerda ini, jadi kita siapkan targetnya, tapi juga kita siapkan caranya menempuh tercapai seperti apa, nanti betul-betul bisa di rekerda ini," katanya.

Selain membahas optimalisasi suara PAN di daerah termasuk strategi di pusat, kata dia, dalam Rakerda PAN Bantul itu juga membahas isu yang berkembang di Bantul, diantaranya pengembalian Dana Persiba ke Pemkab Bantul.

(T.KR-HRI)