DPRD Bantul peroleh alokasi 45 kursi

id DPRD Bantul,dprd

DPRD Bantul peroleh alokasi 45 kursi

Kantor DPRD Bantul DIY (Foto Antara/Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan alokasi kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat untuk Pemilu Legislatif 2019 adalah 45 kursi.

"Kami sudah mendapat surat KPU Nomor 9 tertanggal 5 Januari 2019, intinya kami diberi tahu oleh KPU mengenai alokasi kursi yaitu 45 kursi untuk DPRD Kabupaten Bantul," kata Komisioner KPU Bantul Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Arif Widayanto di Bantul, Selasa.

Menurut dia, alokasi kursi DPRD Bantul yang ditetapkan KPU RI yang diterima beberapa hari lalu itu jumlahnya sama dengan jumlah kursi DPRD Bantul dalam Pemilu 2014 atau periode 2014-2019 yang sebanyak 45 kursi.

Ia menjelaskan, alokasi kursi DPRD Bantul itu disesuaikan dengan jumlah penduduk Bantul berdasarkan data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) dari Kementerian Dalam Negeri yang diterima KPU Bantul sebanyak 931.356 jiwa.

"Jadi kalau jumlah penduduk Bantul itu sebanyak 931.356 jiwa itu ada direntangan antara 500.001 jiwa sampai dengan satu juta jiwa, berarti dia sama dengan Pemilu yang lalu yaitu 45 kursi untuk DPRD Bantul," katanya.

Menurut dia, berdasar Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2017, KPU telah menetapkan Keputusan KPU tentang jumlah penduduk dan jumlah kursi DPRD kabupaten/kota dalam Pemilu 2019 sebagai dasar penataan dapil dan alokasi kursi Pemilu 2019.

Dalam aturan itu, kata dia juga menyebutkan penataan alokasi kursi Pemilu 2019 di tingkat kabupaten/kota dimulai 12 Januari 2018 yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi sidapil (sistem informasi dapil).

"Adapun kegiatan penataan dan penetepan dapil dan alokasi kursi selanjutnya akan menggunakan aplikasi Sidapil yang saat ini masih proses penyempurnaan," katanya.

Selain menetapkan alokasi 45 kursi DPRD Bantul, kata dia, KPU RI juga menetapkan alokasi kursi DPRD DIY dari Bantul sebanyak 13 kursi meliputi tujuh kursi dari Dapil Bantul Timur dan enam kursi dari Dapil Bantul barat.
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024