Bupati Bantul minta BPBD tingkatkan kesiapsiagaan hadapi bencana

id Bencana,Bpbd

Ilustrasi- Tim gabungan melakukan evakuasi korban longsor di Kampung Jlagran, Pringgokisuman, Kota Yogyakarta yang lokasinya di pinggir Sungai Winongo, Selasa (28/11) (Foto Antara/Luqman Hakim)

Bantul  (Antaranewes Jogja) - Bupati Bantul Suharsono mengharapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) selalu meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana yang terjadi.

"Keberadaan BPBD saya harapkan akan semakin dapat memberikan respon cepat manakala terjadi bencana, dan yang penting dapat melaksanakan upaya-upaya peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana," katanya dalam apel kesiapsiagaan dan gladi pemadam kebakaran di Lapangan Paseban Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Kamis.

Apel kesiapsiagaan dan gladi pemadam kebakaran dilaksanakan dalam peringatan Hari Ulang Tahun BPBD Bantul ke-7 bertujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas personil dan kelembagaan untuk menyongsong tugas yang semakin kompleks di masa datang.

"Tugas ini tentunya tidak ringan mengingat kondisi geografis serta topografis Bantul memang memiliki berbagai potensi ancaman bencana yang dapat menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat apabila tidak dikelola dengan baik," katanya.

Bupati mengatakan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini juga diharapkan bukan sekadar seremonial semata, namun sebagai wujud sinergitas seluruh komponen pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat.

"Hal itu untuk meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana yang ada di Bantul, sehingga nantinya satuan pelaksana penanggulangan bencana mempunyai langkah tindak lanjut yang sama dan selalu terkoordinir dengan baik," katanya.

Oleh karena itu, kata Bupati, hendakanya satuan pelaksana penanggulangan bencana dapat memberikan informasi kepada warga, khususnya masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana sehingga akan memahami apa-apa yang harus dilakukan.

Pada kesempatan itu, Bupati Bantul juga berpesan kepada semua camat sebagai perangkat daerah di wilayah untuk tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana yang akan terjadi dan melapor ke posko BPBD apabila terdapat tanda-tanda bencana.

Kemudian bagi semua organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar selalu dalam keadaan siaga serta mengoptimalkan koordinasi secara cepat dan tepat utuk mengamankan serta meminimalisir dampak yang mungkin terjadi dalam menanggulangi bencana.

"Periksa kesiapan semua peralatan serta dukungan logistik untuk mengantisipasi secara dini apabila terjadi bencana. Dan saya mengimbau kepada masyarakat Bantul untuk turut berperan aktif dalam meminimalisir dampak bencana," katanya.

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar