Harga cabai di Bantul naik akibat cuaca

id Cabai

Ilustrasi Pedagang cabai (Foto Antara)

Bantul, (Antaranews Jogja) - Harga cabai berbagai jenis di tingkat pedagang pasar tradisional Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pekan ini mengalami kenaikan signifikan dibanding pekan sebelumnya akibat cuaca.

"Karena hujan yang terus menerus ini membuat produksi cabai di sentra-sentra berkurang, sehingga mengakibatkan harganya naik," kata Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Bantul Subiyanta Hadi di Bantul, Jumat.

Menurut dia, berdasarkan pantauan petugas dinas di beberapa pasar besar wilayah Bantul menyebutkan harga cabai merah besar minggu lalu rata-rata Rp36 ribu per kilogram, sementara pekan ini naik menjadi Rp40 ribu per kilogram.

Sedangkan cabai rawit merah pekan lalu harganya berkisar Rp45 ribu per kilogram, pekan ini naik menjadi Rp54 ribu per kilogram, kemudian cabai rawit hijau dari Rp35 ribu per kilogram naik menjadi Rp45 ribu per kilogram.

"Kebetulan cuaca hujan saat ini di wilayah Bantul selatan tanaman cabai belum saat panen, bahkan sebagian belum tanam, sehingga untuk memenuhi kebutuhan permintaan di pasar mendatangkan dari luar daerah," katanya.

Ia mengatakan, pasokan cabai yang dari luar daerah seperti di wilayah Magelang dan daerah Jawa Tengah lainnya ini yang berpengaruh terhadap kenaikan harga komoditas pangan itu, sebab butuhkan biaya transportasi.

Meski demikian, kata dia, ketika di wilayah Bantul sudah waktu panen cabai nantinya harganya akan kembali normal, setidaknya kalau mengalami kenaikan tidak terlalu signifikan, karena bisa dicukupi dari daerah sendiri.

"Untuk cabai ini memang bukan komoditas pangan yang bisa disimpan dalam waktu lama, sehingga begitu panen langsung habis didistribusikan. Jadi kalau di Bantul tidak panen harus ambil dari luar, sementara kalau pas panen justru dikirim ke luar daerah," katanya.

Meski harga cabai mengalami kenaikan, namun Subiyanto memastikan stok pangan di pasaran aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat, sebab para pedagang besar sudah memahami kondisi tersebut dengan mencari stok di luar.

Sementara itu, untuk bahan pokok lainnya seperti bawang merah justru mengalami penurunan harga dari pekan sebelumnya Rp20 ribu menjadi Rp17 ribu per kilogram pekan ini, sedangkan bawang putih naik dari Rp21 ribu menjadi Rp23 ribu per kilogram.***3***


(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar