Pemkab Gunung Kidul resmikan Puskesmas Purwosari

id Puskesmas Purwosari

Pemkab Gunung Kidul resmikan Puskesmas Purwosari

Bupati Gunung Kidul Badingah meresmikan Puskesmas Purwosari. (Dok istimewa)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meresmikan gedung baru? Puskesmas Purwosari yang diharapkan bisa mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berada di selatan.

Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan pemkab akan membenahi fasilitas kesehatan di wilayah selatan guna mendekatkan dan memudahkan pelayanan kesehatan prima masyarakat, seperti puskesmas Purwosari.

"Rencana, kami akan mendirikan RSUD di Saptosari yang saat ini sudah mulai pengerjaan. Pembenahan infrastruktur kesehatan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Namun demikian, peran kader dengan segala keterbatasannya modal iklas bisa membantu pemerintah dalan melayani masyarakat di bidang sosial dan kesehatan," katanya.

Ia mengatakan dengan pelayanan yang sudah dekat, masyarakat diimbau untuk tidak takut konsultasi kesehatan. "Tidak hanya yang sakit tapi sehat bisa konsultasi kesehatan sehingga bisa mengurangi permasalahan kesehatan di Purwosari, khususnya dan Gunung Kidul pada umumnya," katanya.

Camat Purwosari Agung Danarto nyampaikan saat ini banyak warga yang bersentuhan langsung dengan daerah luar Gunung Kidul karena Purwosari berbatasan dengan Bantul, maka Puskesmas Purwosari ini diharapkan mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat sehingga taraf hidup kesehatan masyarakat meningkat.

"Selain itu, ada permasalahan yang sampai saat ini belum tuntas adalah jambanisasi, dan tahun ini melalui PIWK menargetkan? 169 jambanisasi dari masyarakat yang belum berjamban 337 KK," katanya.

Ia mengatakan setiap Jumat di Kecamatan Purwosari dilaksanakan gertak BSN. "Kami berupaya agar kesehatan masyarakat meningkat, dengan puskesmas ini diharapkan meningkatkan kesehatan masyarakat," katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawati melaporkan luas bangunan Puskesmas Purwosari? 1,100 meter persegi di atas tanah 5.000 meter persegi dengan biaya Rp3,2 miliar dan masih ada yang belum terbangun yaitu?aula dan talut.

"Representatif dan modern sesuai? standar kesehatan sehingga memberi pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Puskesmas Purwosari sudah melakukan rawat jalan sejak tahun 1984, melayani lima desa dan ada? tiga puskesmas pembantu," katanya.

Ia mengatakan saat ini, Puskesmas Saptosari sudah akreditasi madya ke depan bisa utama bahkan paripurna, bahkan dengan modal gotong? royong masyarakat Kecamatan Purwosari? telah melaksanakan Stop PHBS? pertama di DIY dan kedepan lima pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) bisa dilaksanakan untuk visi Bupati Gunung Kidul.

(U.KR-STR)