Pemkab Gunung Kidul tingkatkan serapan anggaran OPD

id gunung kidul,serapan anggaran,OPD

Pemkab Gunung Kidul tingkatkan serapan anggaran OPD

Kantor Pemkab Gunung Kidul (antarayogya)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta meningkatkan serapan anggaran masing-masing organisasi perangkat daerah karena pada 2017 lalu serapan anggaran belum maksimal.

Adapun tiga OPD dengan serapan rendah, yakni Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Dinas Pendidikan pemuda dan Olahraga (Disdikpora), dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan serapan anggaran 2017 di seluruh OPD yakni 88,56 persen, jauh dari target yang ditentukan yakni 95 persen sesuai target serapan nasional.

"Kinerja terbaik ditunjukan pemerintah kecamatan karena penyerapan tertinggi, capainnya kecamatan mencapai 100 persen. Memang kurang menggembirakan karena ada tiga OPD yang serpannya kurang maksimal tahun lalu," katanya.

Dia mengatakan capaian tersebut sebagai bahan evaluasi untuk mewujudkan kinerja yang lebih baik lagi, 2018 mendatang.

"Saya berharap OPD yang kurang maksimal dalam serapannya segera melakukan evaluasi untuk ke depan," katanya.

Sementara Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Gunung Kidul Azman Latif megatakan tiga OPD yang rendah serapannya yakni Diskominfo, Disdikpora dan DKP.

"Tiga OPD yang kurang maksimal penyerapannya kita upayakan untuk tahun depan lebih maksimal," katanya.

Dia mengatakan, untuk penyerapaan anggaran pihakknya akan mengumpulkan OPD untuk menyusun jadwal program. Masing-masing OPD harus berkomitmen melaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

"Komitmen masing-masing OPD harus ada untuk serapan anggaran lebih besar," katanya.

(U.KR-STR)