Penataan pedestrian Malioboro sisi barat dimulai Maret

id Pedestrian

Penataan pedestrian Malioboro sisi barat dimulai Maret

Ilustrasi penataan Jalan Malioboro (Foto antarafoto.com)

Yogyakarta, (Antaranews Jogja) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan penataan pedestrian di kawasan sisi barat Malioboro dimulai pada Maret 2018.

"Akan dimulai awal Maret 2018 kalau lelang lancar dan tidak ada hambatan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY Muhammad Mansyur di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu.

Mansyur mengatakan secara umum sistem penataan pedestrian Malioboro sisi barat tidak jauh berbeda dengan penataan di sisi timur. Namun demikian, untuk sisi barat selain menata ruang untuk pedagang kaki lima (PKL) juga akan ada penataan untuk pangkalan sarana transportasi tradisional yaitu andong dan becak.

"Ada `open space` untuk becak dan andong tetapi daya tampungnya terbatas, tetapi prinsipnya sama dengan yang sisi timur," kata dia.

Pemda DIY telah merampungkan penataan pedestrian di sisi timur Malioboro tahap pertama (Hotel Inna Garuda- Hotel Mutiara) pada 2016 dan tahap kedua (Pasar Bringharjo- Titik Nol) pada 2017.

Selain menyelesaikan penataan pedestrian Malioboro, pada 2018 Pemda DIY juga akan merampungkan pembangunan Gedung Eks Bioskop Indra yang akan digunakan sebagai lahan berjualan baru bagi PKL yang menggelar lapak di kawasan Malioboro. Eks Bioskop Indra itu rencananya akan dibangun tiga lantai.

Mansyur mengatakan mekanisme penataan pedestrian Malioboro sisi barat akan tetap memprioritaskan pendekatan musyawarah dengan komunitas pedagang kaki lima di kawasan itu dengan harapan memunculkan kesepakatan bersama. "Yang penting bisa duduk bareng sehingga tidak saling memaksakan kehendak. Pokoknya tahun ini (penataan) selesai," kata Mansyur. ***3***

(L007)


Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024