47.323 keluarga Kulon Progo terima bantuan beras

id Beras

47.323 keluarga Kulon Progo terima bantuan beras

Ilustrasi (Foto ANTARA)

Kulon Progo, (Antaranews Jogja) - Sebanyak 47.323 keluarga di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendapat bantuan pangan berupa beras sebanyak 10 kilogram per bulan dari Januari sampai Juli 2018.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kulon Progo Eko Pranyoto di Kulon Progo, Kamis, mengatakan berdasarkan evaluasi Kementerian Sosial, perlu adanya penataan kembali bantuan beras untuk keluarga sejahtera.

"Bantuan sosial pangan akan didistribusikan pada Januari-Juli. Setiap keluarga penerima manfaat akan mendapat 10 kg beras tanpa biaya tebus. Mulai hari ini, bantuan sudah didistribusikan kepada penerima manfaat," kata Eko.

Ia mengatakan saat ini, Dinsos P3A masih melakukan validasi jumlah warga fakir miskin yang belum terdapat mendapat bantuan. Sehingga, pada awal Februari semua menggunakan data baru.

"Saat ini, kami masih melakukan verifikasi data, sembari memberikan bantuan kepada KPH. Sehingga, ke depan, tidak ada pembagian merata beras yang dibagi kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan pada Agustus 2018, KPH tidak lagi menerima bantuan beras, beralih ke bantuan uang sebesar Rp120.00 per KK per bulan, melalui transfer ke rekening penerima manfaat. Warga bisa menggunakan uang ini untuk membeli kebutuhan beras dan telur di 95 warung elektronik di Kulon Progo.

"Idealnya satu warung melayani 500 KK," kata dia.

Salah satu penerima manfaat Kecamatan Sentolo Martiyem berharap bantuan beras segera didistribusikan kepada warga. Bantuan beras ini sangat membantu untuk kebutuhan sehari-hari, apalagi harga beras saat ini sangat mahal.

"Saat ini harga beras mahal, kalau ada bantuan beras, kami tidak harus beli beras," katanya. ***4***


(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024