Pemkab Gunung Kidul kukuhkan pilar-pilar sosial

id Gunung kidul

Pemkab Gunung Kidul kukuhkan pilar-pilar sosial

Pemkab Gunung Kidul (Foto Istimewa)

Gunung Kidul, (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengukuhan pilar-pilar sosial yang diharapkan mempercepat pengentasam masalah kesejahteraan sosial di wilayah itu.

Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan hasil pendataan petugas, ada 33.235 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di wilayah ini.

"Keberadaan pilar-pilar sosial sebagai potensi sumber kesejahteraan sosial di Gunung Kidul mampu membantu mengatasi penyandang masalah kesejahteraan sosial yang berimplikasi pada penurunan angka kemiskinan," katanya.

Ia mengatakan pekerjaan sosial adalah panggilan hati hanya yang memiliki jiwa sosial tinggi yang mampu menjalani dengan kegembiraan seraya berharap bermanfaat bagi sesama.

"Kami bersyukur angka kemiskinan di Gunung Kidul turun 0,69 persen dari 23 persen menjadi? 18.65 persen. Hal ini tidak lepas peran serta para pekerja dan pemerhati sosial di Gunung Kidul," katanya.

Dia berharap, semua pihak membantu mengembangkan potensi di masyarakat supaya bisa menunjang pariwisata Gunungkidul untuk kesejahteraan dan kemakmuran? masyarakat.

"Saat ini masih ada permasalahan sosial di Gunung Kidul seperti bunuh diri, kematian ibu anak dan nikah dini serta anak kebutuhan khusus," katanya.

Badingah menjelaskan, penyandang masalah kesejahteraan sosial? hasil pendataan ada 33.235 PMKS di Kabupaten Gunung Kidul. Untuk itu mohon dukungan semua pihak khususnya pilar-pilar sosial supaya menjadi garda terdepan dalam hal ini.

"Pilar-pilar sosial juga supaya bisa menumbuhkan? kembali rasa gotong royong dan toleransi masyarakat sehingga Gunung Kidul? berdaya saing maju,mandiri,makmur dan sejahtera serta aman dan damai bisa terwujud," katanya.

Kabid Pelaksana dan Kerjasama Penyuluh Sosial Kemeterian Sosial Kanita mengatakam bahwa resolusi Kemensos akan terus dilanjutkan yaitu disiplin berkinerja, bersinergi dan bermartabat untuk itu hendaknya pilar-pilar sosial? ini tidak hanya dikukuhkan saja namun harus terus bekerja dan bersinergi kepada pemerintah untuk mengatasi permasalahan sosial di negara ini.

"Pilar-pilar sosial ini tidak hanya dikukuhkan saja namun harus terus bekerja dan bersinergi kepada pemerintah untuk mengatasi permasalahan sosial di negara ini," katanya. ***4***


(KR-STR)


Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024