Induk Candi kedulan selesai dipugar tahun 2018

id candi kedulan,sleman

Induk Candi kedulan selesai dipugar tahun 2018

ilustrasi- Petugas BPCB Yogyakarta menemukan arca Nandi di komplek Candi Kedulan, Kalasan Sleman. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto) (arca nandi)

Sleman (Antaranews Jogja) - Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta menargetkan selesai menyusun kembali induk Candi Kedulan di Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 2018.

"Setelah selesai pemugaran induk candi, maka selanjutnya dijadikan sebagai Pusat Studi Vulcano Arkeologi pada tahun berikutnya," kata Kepala Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta Ari Setyastuti, di Sleman, Senin.

Menurut dia, pada 2018 untuk Candi Kedulan menghabiskan anggaran sekitar Rp2,8 miliar. Pengerjaan yang dimulai pada Jumat 5 Januari sampai Desember 2018 pada induknya kemudian baru merambah candi-candi kecil di sampingnya (perwara).

"Biaya tergantung dari kebutuhannya apakah banyak batu yang perlu diganti atau tidak," katanya.

Ia mengatakan, Candi Kedulan ini masih terdapat 95 persen batuan yang asli. Jadi hanya sedikit saja batu yang perlu diganti untuk melengkapinya.

"Candi ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan yang lainnya. Pernah menjadi tempat untuk konferensi internasional vulkanologi beberapa tahun lalu. Karena bangunan heritage ini berkali-kali diterjang oleh lahar erupsi Gunung Merapi yang ada di sebelah utaranya," katanya.

Ari mengatakan, dari lapisan sedimen lahar Merapi ini, Candi Kedulan yang berada sekitar 6 - 7 meter di bawah permukaan tanah tak hanya laboratorium bagi dunia arkeologi saja. Namun juga sebagai pembelajaran bagi ilmu geologinya.

"Selain sebagai laboratorium arkeologi sekaligus sebagai laboratorium geologinya. Ini akan menjadi tempat edukasi terpadu," katanya.

Ia mengatakan, Candi Kedulan ini juga sebagai penunjang program pembelajaran generasi selanjutnya yang telah ada sebelumnya. Seperti kemah cagar budaya hingga sekolah cagar budaya.

"Nanti akan ada bumi perkemahan di sekitar kawasan candi," katanya.

Candi Kedulan ditemukan pada 1993. Candi tersebut terpendam pada kedalaman 6-7 meter dari permukaan tanah karena dampak letusan Gunung Merapi.



(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024