Yogyakarta menyiapkan perubahan perda tata ruang

id Tata ruang,Kota yogyakarta

Yogyakarta menyiapkan perubahan perda tata ruang

tugu golong gilig (Foto Antara.doc)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan rencana perubahan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah guna menyesuaikan dinamika pembangunan khususnya keberadaan bandara baru di Kabupaten Kulon Progo DIY.

"Pemerintah Kota Yogyakarta tentunya harus melakukan berbagai langkah persiapan penataan ruang dan wilayah apabila bandara baru di Kabupaten Kulon Progo sudah mulai beroperasi. Karena dimungkinkan ada banyak perubahan yang terjadi," kata Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana di Yogyakarta, Minggu.

Salah satu perubahan yang mungkin terjadi, lanjut Hari adalah peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta karena data tampung bandara akan semakin besar.

"Tentunya, perlu ada langkah antisipasi untuk menyambut wisatawan yang datang. Misalnya saja pembuatan batas-batas penanda masuk ke Kota Yogyakarta," kata Hari.

Batas penanda masuk kota tersebut akan dibangun di beberapa jalan arteri yang berada di perbatasan, misalnya saja di Giwangan sebagai pintu masuk dari sisi selatan Yogyakarta, serta di batas barat Kota Yogyakarta yang berada di Jalan Wirobrajan.

Saat ini, batas penanda masuk ke Kota Yogyakarta sudah ada di Jalan Magelang dan Jalan Laksda Adisutjipto.

Selain penanda masuk wilayah administrai Kota Yogyakarta, di Giwangan juga akan dikaji mengenai penambahan lokasi titik parkir kendaraan berdimensi besar.

"Harapannya, wisatawan yang datang menggunakan bus pariwisata berukuran besar dapat memanfaatkan parkir di Giwangan dan masuk ke kota menggunakan armada penghubung," katanya.

Selain untuk mengantisipasi keberadaan bandara baru, Hari mengatakan, Kota Yogyakarta juga akan melakukan pengembangan di Yogyakarta bagian selatan agar memiliki perkembangan yang sama pesat dengan Yogyakarta bagian utara.

Salah satu pengembangan yang akan dilakukan adalah pembangunan "science park" yang rencananya menempati lahan milik Pemerintah Kota Yogyakarta yang berada di utara Pasar Ikan Higienis. 

(E013)


Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024