KAI diharap selesaikan pedestrian Stasiun Tugu

id stasiun tugu, KAI

KAI diharap selesaikan pedestrian Stasiun Tugu

Stasiun Tugu Yogyakarta (Foto Antara/Rizky)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta berharap PT KAI (Persero) segera menyelesaikan pembangunan pedestrian di depan Stasiun Tugu sisi selatan atau sepanjang Jalan Pasar Kembang agar kondisi tidak semakin semrawut.

"Saat ini, memang banyak parkir liar di sepanjang jalan tersebut. Dalam waktu dekat ini, kami akan berkoordinasi dengan KAI Daerah Operasi VI terkait pembangunan pedestrian," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, pembangunan pedestrian di sepanjang Jalan Pasar Kembang tersebut juga akan berpengaruh pada kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta karena ada beberapa aset pemerintah yang ada di kawasan tersebut, seperti kantor Kecamatan Gedongtengen, Koramil dan kantor lainnya.

"Ini terkait pemindahan kantor karena pelayanan kepada masyarakat harus tetap berjalan," katanya.

Sedangkan untuk pedagang di bekas Pasar Kembang yang tergusur akibat pembangunan pedestrian, Heroe mengatakan, akan menunggu hasil persidangan karena pedagang telah mengajukan gugatan hukum.

"Kami tunggu keputusan dari pengadilan saja. Tentunya, apapun yang ditetapkan pengadilan akan kami laksanakan," kata Heroe.

Selain membahas pedestrian di Jalan Pasar Kembang, Pemerintah Kota Yogyakarta juga akan melakukan koordinasi terkait penutupan ruas jalan perlintasan sebidang kereta api di bawah Jembatan Lempuyangan.

Sementara itu, Direktur PT KAI Edi Sukmoro di sela acara "Ngopi Bareng KAI" menyebutkan bahwa pedestrian di Jalan Pasar Kembang akan dituntaskan tahun ini.

"Kami akan rapikan tahun ini. Dilakukan bertahap dimulai dari depan stasiun ke arah Jalan Malioboro terlebih dulu," katanya.

Saat ini, proses pembangunan pedestrian oleh PT KAI di Jalan Pasar Kembang sudah berjalan. Pembangunan trotoar dilakukan dari depan pintu Stasiun Tugu ke arah Jalan Malioboro dan sudah terbangun trotoar sepanjang 150 meter.

"Akhir Februari ini akan kami bersihkan dan sudah akan terlihat lebih rapi," kata Manajer Pembangunan PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Yunarwan Dwisyahputra.

Ia menyebut, total panjang trotoar yang akan dibangun di Jalan Pasar Kembang mencapai 800 meter dan pembangunan akan dilakukan dalam tiga tahap. "Ini dikarenakan kami pun harus menunggu anggaran untuk pembangunannya," katanya.

E013
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024