Kulon Progo memanfaatkan lahan pasir ditanami jagung

id tanaman jagung

Kulon Progo memanfaatkan lahan pasir ditanami jagung

Tanaman jagung (Foto Antara)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memanfaatkan lahan pasir seluas 600 hektare di Kecamatan Panjatan untuk ditanami jagung.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Bambang Tri Budi di Kulon Progo, Selasa, mengatakan lahan jagung kawasan lahan pasir meliputi tiga desa di Kecamatan Panjatan, yakni Desa Bugel, Pleret, dan Garongan.

"Pemanfaatan lahan pasir ini dalam rangka perluasan luas area tanaman jagung di Kulon Progo," kata Bambang.

Ia mengatakan pemanfaatan lahan pasir untuk tanaman jagung melibatkan jajaran Kodim 0731 untuk mengolah lahannya. Hal ini dalam rangka percepatan menyediaan lahan.

"Kami akan coba mobilisir dan gerakkan bersama, sehingga antara TNI dengan masyarakat akan bersama-sama dan ini akan menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi masyarakat Kulon Progo,? katanya.

Sementara itu, Dandim 0731 Kulon Progo Letkol Armed Teguh Tri Prihanto Usman mengatakan bantuan siap diberikan kepada Dinas Pertanian dan Pangan setempat dalam rangka perluasan lahan jagung.

"Kodim 0731 Kulon Progo siap mendukung dalam rangka swasembada pangan," katanya.

Ia mengatakan Kodim 0731 siap bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan membentuk suatu ketahanan nasional tentu banyak aspek yang harus dilakukan, salah satunya adalah ketahanan pangan.

"Manakala ketahanan pangan kita terganggu, saya yakin ketahanan nasional juga akan terganggu,? katanya.

Wujud dari dukungan swasembada pangan, ditambahkan Dandim, adalah dengan melakukan pendampingan kepada petani mulai dari hulu hingga ke hilir.

"Kami membantu mewujudkan swasembada pangan dari hulu sampai hilir," katanya.

(U.KR-STR)