PPP DIY perkuat soliditas kader penuhi syarat

id ppp

PPP DIY perkuat soliditas kader penuhi syarat

Partai Persatuan Pembangunan (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - DPW Partai Persatuan Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta akan memperkuat soliditas seluruh kader kubu Romahurmuziy maupun Djan Faridz setelah dinyatakan memenuhi syarat dalam verifikasi faktual tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

"Saya yakin suatu saat dua kubu ini bisa menyatu, yang bukan kader saja kami bisa merebut hatinya apalagi dengan satu kader sendiri," kata Ketua DPW PPP DIY Amin Zakaria di Yogyakarta, Rabu.

Amin mengakui hingga saat ini DPW PPP DIY versi Romy yang ia pimpin harus mendirikan kantor sekretariat baru untuk operasional sehari-hari yakni di Jalan Damai, Pusung Dua, Sinduharjo, Ngagglik, Sleman. Sedangkan kantor lama yang beralamatkan di Jalan Tentara Rakyat Mataram ditempati oleh pengurus PPP kubu Djan Faridz.

ersoalan kantor itu sebelumnya sempat membuat partai itu dinyatakan belum memenuhi syarat dalam verifikasi faktual tahap pertama oleh KPU DIY, kendati akhirnya dinyatakan memenuhi syarat pada tahap verifikasi perbaikan.

"Memang sempat ada permasalahan terkait alamat kantor dan pengurus. Tapi dengan adanya kantor baru baik di tingkat provinsi maupun tingkat DPC semuanya sudah memenuhi syarat," kata dia.

Kendati demikian, Amin meyakini hasil verifikasi faktual KPU di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota menjadi modal awal untuk mengembalikan kejayaan partai berlambang ka`bah itu di DIY. "Dengan menyatukan soliditas kader di tingkat daerah saya yakin elektabilitas partai sangat diperhitungkan," kata dia.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman politik yang sudah lama dimiliki PPP, friksi yang muncul di tubuh partai itu bisa disatukan kembali baik di tingkat pusat maupun daerah.

"PPP itu kan sudah memiliki pengalaman sangat matang dalam berkonflik dari mulai fusi empat partai politik Islam yang berbeda, saat reformasi, hingga pascareformasi. Dengan bekal pengalaman itu saya yakin bisa menyatu kembali," kata dia.

Menurut Amin, jika seluruh pengurus dan kader kedua kubu bisa disatukan kekuatan suara PPP di DIY sangat diperhitungkan. Hal itu merujuk pengalaman partai itu pada fase Pemilu 1999 yang mampu meraih 14 kursi di DPRD Kota Yogyakarta, 15 kursi DPRD Kabupaten Sleman, dan 14 kursi DPRD Kabupaten Bantul.

"Selain peluang islah, peluang rekonsiliasi terbuka lebar, kami di daerah akan terus melakukan komunikasi. Di tingkat kabupaten komunikasi relatif berjalan cukup baik," kata dia.

Ketua DPW PPP DIY dari kubu Djan Faridz, Muhammad Yazid mengaku tidak mempermasalahkan hasil verifikasi KPU itu.

Ia juga menegaskan bahwa selama ini tidak ada upaya untuk menghalangi proses verifikasi itu.

Hanya saja, kata Yazid, jika ke depan akan menggunakan berbagai fasilitas kantor baik di tingkat DPW maupun DPC dari kubu Djan Faridz, syaratnya harus ada upaya rekonsiliasi terlebih dulu dari kedua kubu itu.

"Ya harus melakukan rekonsiliasi dulu. Kalau misalnya mau rekonsiliasi setelah verifikasi selesai kami juga terbuka sesuai dengan janjinya Mas Romy sampai Februari ini," kata dia.


(T.L007)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024