PDIP: verifikasi faktual KPU pastikan keseriusan parpol

id Pdip,Verifikasi

Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DIY Bambang Praswanto. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto) (antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta Bambang Praswanto menilai verifikasi faktual yang dilakukan KPU sebagai instrumen penting untuk memastikan keseriusan parpol ikut serta dalam pemilu.

"Bagi kami verifikasi faktual itu hal yang wajar saja. Namun di sisi lain memang mendorong keseriusan parpol itu ikut dalam pemilu," kata Bambang Praswanto di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Bambang, sejumlah hal yang diuji dalam verifikasi faktual meliputi kelengkapan pengurus parpol, keterwakilan perempuan 30 persen dari jumlah pengurus, keberadaan anggota, hingga kepemilikan kantor merupakan aspek mendasar yang memang harus dimiliki parpol di daerah jika menginginkan ikut serta dalam pemilu.

Apalagi, menurut dia, dalam masa lima tahun setiap parpol kemungkinan besar mengalami perubahan baik dari jumlah anggota, perubahan truktur pengurus, hingga status kepemilikan atau sewa kantor sekretariat.

"Syarat-syarat itu bukan hal yang istimewa. Menurut kami itu hal yang mendasar sekali karena dalam masa lima tahun pasti ada dinamika di internal partai," kata dia.

Menurut Bambang, upaya verifikasi faktual yang dilakukan KPU DIY telah sesuai dengan amanat konstitusi. Bahkan pada verifikas kali ini, kata dia, lebih praktis karena parpol dapat mengunggah data kelengkapan parpol terlebih dahulu melalui sistem informasi partai politik (Sipol).

"Sekarang lebih praktis karena kami bisa memasukkan data awal secara online, selanjutnya secara faktual tinggal diverifikasi KPU," kata dia.

Setelah dinyatakan memenuhi syarat (MS) dalam verifikasi faktual, PDIP DIY, kata Bambang akan memperkuat konsolidasi di internal partai. Status MS, menurut dia, mejadi pijakan partai untuk menentukan strategi selanjutnya dalam menghadapi Pemilu 2019.

"Setelah memenuhi syarat dalam verifikasi kan berarti kami tinggal menyiapkan strategi-strategi selanjutnya untuk tetap menjaga kepercayaan konstituen," kata dia.






(T.L007)

























































Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar