Bantul kembali raih predikat berkinerja sangat baik

id Pemkab Bantul

Bantul kembali raih predikat berkinerja sangat baik

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa) (istimewa)

Bantul (Antaranewsjogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali meraih nilai Sangat Baik dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2017 dari Pemerintah Pusat setelah tahun lalu juga meraih predikat sama.

"Pemkab Bantul kembali dinobatkan sebagai kabupaten berkinerja sangat baik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dengan nilai `BB` atau sangat baik untuk akuntabilitas kinerja," kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bantul Annihayah di Bantul, Selasa.

Menurut dia, piagam penghargaan atas prestasi itu diserahkan Kemenpan dan RB kepada Bupati Bantul Suharsono pada acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah wilayah III Tahun 2017 di Yogyakarta pada Selasa (13/2).

Ia mengatakan, penghargaan itu merupakan hasil evaluasi tim SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) Deputi Bidang Reformasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan dan RB yang melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja Pemkab Bantul.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono mengatakan, bahwa prestasi yang wajib disyukuri ini adalah hasil kerja keras dan komitmen semua pihak sehingga kinerja pemerintah daerah dapat terus meningkat dan lebih baik.

"Komitmen dan inovasi yang bersama-sama kita bangun di Bantul ini sebagai respon terhadap tuntutan perubahan harus kita dorong terus," kata Bupati.

Bupati mengatakan, pemda harus melakukan `continuous improvement` agar masyarakat di Bantul merasakan kehadiran pemda dalam keseharian mereka. Dan untuk mewujudkan itu, diperlukan super tim yang inovatif, bukan superman yang `one man show`.

"Karena pekerjaan membenahi daerah bukan berarti lari `sprint` atau adu cepat perorangan, namun kita membutuhkan kerjasama banyak pihak bukan sekadar aksi kepala daerah seorang diri saja," kata Suharsono.

Bupati Bantul berharap penghargaan tersebut mampu menjadi umpan balik yang positif dan motivasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ke depan kami berharap agar bisa lebih baik lagi dalam melayani masyarakat dan dalam melaksanakan pembangunan di Bantul, tentunya dengan program dan kegiatan yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat," katanya.

(KR-HRI)