PPMY dorong kemunculan pemimpin nasional peduli petani

id Ppmy

PPMY dorong kemunculan pemimpin nasional peduli petani

Suasana diskusi Paguyuban Petani Mahasiswa Yogyakarta (PPMY) di Rumah Budaya Petani Nusantara. (Istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Paguyuban Petani dan Mahasiswa Yogyakarta mendorong munculnya pemimpin nasional ke depan yang peduli dan berpihak kepada petani.

"Kami mendorong munculnya pemimpin nasional yang pro-petani dan pro-kedaulatan pangan," kata Koordinator Paguyuban Petani dan Mahasiswa Yogyakarta (PPMY) Eko Winarno di Yogyakarta, Rabu.

Di sela diskusi PPMY, Eko mengatakan salah satu tokoh yang saat ini muncul ke permukaan dengan kebijakan dan sikap yang cukup berpihak kepada petani adalah Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi.

"Bagi kami, para petani, kemunculan tokoh muda potensial seperti TGB Muhammad Zainul Majdi, yang saat ini menjabat Gubernur NTB, perlu terus didorong dan dikawal," katanya.

Oleh karena itu, PPMY mendorong tokoh-tokoh seperti TGB untuk maju ke level nasional dan siap mengawal agar kebijakan pro-petani dan pro-kedaulatan pangan bisa diwujudkan pada level nasional.

Menurut dia, dengan memunculkan tokoh-tokoh pemimpin pro-petani dan pro-kedaulatan pangan sejati yang bukan sekadar fokus pada produksi namun memiskinkan petani, tetapi benar-benar membangun petani menjadi berdaya dan mandiri.

"Dengan demikian, keberlangsungan kehidupan pertanian di Indonesia akan terus terjaga dan terpelihara. Jangan dilupakan apa yang pernah diucapkan oleh Presiden Pertama RI Soekarno bahwa persoalan pangan adalah persoalan hidup matinya bangsa," kata Eko.

(B015)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024