56 paramotor akan pecahkan rekor

id paramotor,terbanglayang,jogja airshow

56 paramotor akan pecahkan rekor

Paramotor Jogja airshow (Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 56 paramotor akan memecahkan rekor terbang bersama terbanyak pada perhelatan Jogja Air Show 2018 di atas langit Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 18 Februari 2018.

"Pemecahan rekor terbang paramotor sebelumnya sejumlah 46 pesawat di Ngawi, Jawa Timur. Tahun ini sudah ada 56 calon peserta yang mendaftar," kata Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Novyan Samyoga seusai bertemu Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X bersama Panitia Jogja Air Show (JAS) 2018 di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Kamis.

Ia mengatakan mengingat jumlah paramotor  yang diikutsertakan cukup banyak, lokasi pemberangkatan akan dibagi dua titik yang berbeda yakni 25 unit paramotor di Pantai Parangtritis dan 25-30 unit lainnya di Pantai Parangkusumo, Bantul.

"Dari dua titik ini mereka akan terbang bersama-sama dan diatur agar tetap aman dari sisi keselamatan menuju langit Pantai Depok. Jadi langit Pantai Depok nanti akan dipenuhi pesawat paramotor yang diberangkatkan dari Pantai Parangtritis dan Parangkusumo," kata dia.

Setelah pemecahan rekor itu, menurut dia, lima dari 56 pesawat akan mendarat di Pantai Depok untuk memeriahkan sejumlah kegiatan yang digelar di pantai itu.

Selain paramotor sejumlah kegiatan lain yang digelar dalam JAS 2018 antara lain pentas kesenian, bazar serta pertunjukan udara lainnya seperti Jupiter Aerobatic Team, Solo Aerobatic, Gantole, Paralayang, serta Terjun Payung.

Koordinator Kegiatan Paramotor JAS 2018, Mayor Muhammad Ali Umar mengatakan ajang Jogja Air Show 2018 itu akan diikuti para penerbang pesawat paramotor dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang tersebar di seluruh Indonesia. "Mulai FASI Makassar sampai FASI Aceh akan hadir," kata dia.

Menurut dia, dalam ajang pemecahan rekor itu, pesawat akan terbang di langit Pantai Depok selama kurang lebih 20 menit. "Jadi rencana start pada pukul 08.00 WIB, kemudian sampai pukul 09.00 WIB sudah ada di langit Pantai Depok," kata dia.
(T.L007) 15-02-2018 16:50:35