Sultan akan mengelilingi langit Yogyakarta dengan pesawat grob TNI AU

id Sultan,Pesawat grob

Sultan akan mengelilingi langit Yogyakarta dengan pesawat grob TNI AU

Sri Sultan HB X (Foto: jogja.antaranews.com)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X akan menikmati "joy flight" mengelilingi langit Yogyakarta menggunakan Pesawat Grob TNI Angkatan Udara pada Sabtu.

Joy Flight yang dipersembahkan Panitia Jogja Air Show (JAS) 2018 itu akan terbang dari Pangkalan Udara Adisutjipto, Yogyakarta.

"Nanti hari Sabtu (17/2) belum tahu mau lihat-lihat apa," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis.

Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Novyan Samyoga mengaku memang telah menyiapkan dua pesawat Grob TNI Angkatan Udara (AU) untuk menerbangkan Sultan dan Wagub DIY keliling Yogyakarta.

Rute penerbangan dari Lanud Adisutjipto menuju kawasan Gunung Merapi selanjutnya ke arah selatan menuju Pantai Depok. Dari Pantai Depok dilanjutkan ke arah barat menuju Kabupaten Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta.

"Nanti Sultan dan Wagub akan melihat pembangunan di Kulon Progo dan Kota Yogyakarta secara langsung dari udara," kata dia.

Selanjutnya, pada Minggu (18/2), Sultan akan dijemput kembali menggunakan helikopter dari Alun-alun Utara Yogyakarta menuju Pantai Depok untuk menyaksikan acara puncak Jogja Air Show 2018. Pada acara puncak itu akan ada pecahan rekor terbang bersama terbanyak paramotor.

Selain pertunjukan paramotor sejumlah kegiatan lain yang digelar dalam JAS 2018 mulai 17-18 Februari itu antara lain pentas kesenian, bazar serta pertunjukan udara lainnya seperti Jupiter Aerobatic Team, Solo Aerobatic, Gantole, Paralayang, serta Terjun Payung.

"Untuk JAS tahun ini juga untuk pertama kalinya ada pertunjukan layang-layang dan drone," kata dia.