Sultan terkesan penampilan pesawat Jupiter Aerobatic Team

id Sultan

Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan para pejabat lainnya menyaksikan Jupiter Aerobatic Team di Pantai Depok,Bantul, DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

Oleh Heri Sidik

Bantul (Antaranewsjogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X terkesan dengan penampilan lima pesawat dari Jupiter Aerobatic Team (The Jupiters) yang bermanuver di langit Depok Airstrip Pantai Depok, Kabupaten Bantul.

"Saya kira bagus, dan di Asia itu (atraksi pesawat The Jupiters) mungkin baru di Yogyakarta," kata Sultan ditemui wartawan usai menyaksikan penampilan lima pesawat The Jupiters di Depok Airstrip Pantai Depok Bantul, Minggu.

Penampilan atau atraksi lima pesawat Jupiter Aerobatic Team merupakan salah satu kegiatan dalam pelaksanaan Jogja Air Show (JAS) di kawasan Pantai Parangtritis, Pantai Depok dan Parangkusumo pada 17 dan 18 Februari 2018.

Sultan bersama tamu pejabat lainnya seperti Kepala Polda DIY Brigjen Pol Ahmad Dhofiri dan Bupati Bantul Suharsono itu menyaksikan penampilan pesawat The Jupiters dari tribun, bahkan Sultan tidak melewatkan manuver demi manuver pesawat The Jupiters.

"Di Yogyakarta ini saya kira baru satu-satunya, kalau di Korea Selatan itu jet. Jadi ini bagus," kata Sultan yang diiyakan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga yang berdiri disamping Sultan.

Selain disaksikan Sultan dan para pejabat Pemda DIY dan Pemda Bantul, penampilan pesawat The Jupiters juga ditonton ribuan warga maupun wisatawan keluarga yang datang dari wilayah Yogyakarta maupun luar DIY.

Pada puncak pelaksanaan JAS 2018 di Depok Airstrike ini juga dilakukan pemecahan rekor nasional berupa 51 paramotor terbang bersama di langit pantai Depok, kemudian pendaratan lima penerjun payung dengan membawa bendera.

"Kalau target awal pemecahan rekor itu sebanyak 50 paramotor terbang bersama, namun realiasainya berhasil dipecahkan 51 paramotor," kata Panitia JAS 2018 Mayor Penerbang Iwan Setiawan.

JAS merupakan event tahunan olahraga dirgantara yang diselenggarakan FASI DIY dengan Lanud Adisutjipto yang didukung Dinas Pariwisata DIY dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul yang dipusatkan di Depok Airstrip.

JAS 2018 merupakan gelaran ke-13 dengan menyuguhkan paralayang dan gantole yang `take off` dari bukit Watu Gupit, kemudian paramotor di kawasan Pantai Parangkusumo, selain itu atraksi pesawat The Jupiters, kemudian juga ada trike dan terjun payung di kawasan Pantai Depok.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar