Dispar : Jogja Air Show tarik wisatawan domestik

id Jogja air show,Wisata

Jogja Internasional Air Show di Pantai Depok Bantul, DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan Jogja Air Show yang diselenggarakan di Pantai Parangtritis, Parangkusumo dan Pantai Depok Kabupaten Bantul pada 17-18 Februari menarik wisatawan domestik.

"Secara kebetulan pelaksanaan Jogja Air Show itu waktunya `long weekend`, karena Jumat, Sabtu dan Minggu libur, sehingga banyak wisatawan domestik yang datang ke Yogyakarta yang melihat Jogja Air Show," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Aris Riyanta di Bantul, Senin.

Menurut dia, bahkan wisatawan yang menyaksikan atraksi olahraga dirgantara yang dipusatkan di Depok Airstrip Pantai Depok tidak hanya wisatawan lokal dari DIY dan sekitarnya melainkan dari luar provinsi ini.

Ia menjelaskan, banyaknya wisatawan yang datang ke pantai selatan Bantul untuk melihat event itu, karena Jogja Air Show itu sudah dipromosikan sejak sebulan lalu, baik melalui media massa maupun media sosial (medsos).

"Jadi banyak sekali baik wisatawan lokal maupun domestik, apalagi peserta Jogja Air Show dari 20 provinsi se-Indonesia, sehingga otomatis peserta membawa keluarga ke Yogyakarta disamping untuk berpartisipasi juga nonton Jogja Air Show," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah daerah (Pemda) DIY akan selalu mendukung kegiatan Jogja Air Show yang sudah menjadi agenda tahunan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) DIY dan Lanud Adisutjipto di pantai selatan Bantul ini.

"Dan Jogja Air Show itu diselenggarakan dalam upaya peningkatan kecintaan masyarakat terhadap dunia kedirgantaraan sekaligus merupakan potensi pariwisata bagi DIY dan khususnya Kabupaten Bantul," katanya.

Sementara itu, pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru mengatakan, diperkirakan sekitar 50.000 wisatawan berkunjung ke Pantai Depok dan Parangtritis untuk menyaksikan atraksi Jogja Air Show selama dua hari pada Sabtu (17/2) dan Minggu (18/2).

"Kita belum cek, tetapi Sabtu (17/2) kemarin dimungkinkan jumlah pengunjung di atas 20.000 orang, dan hari Minggu (18/2) lebih banyak bisa sampai 30.000 orang. Jadi memang target pengunjung 50.000 orang selama dua hari pelaksaan Jogja Air Show tercapai," katanya.***1***

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar