UGM-SkyWay Indonesia kembangkan inovasi transportasi

id inovasi, transportasi, UGM

UGM-SkyWay Indonesia kembangkan inovasi transportasi

Ilustrasi inovasi teknologi transportasi

Yogyakarta,  (Antaranews Jogja) - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan SkyWay Technologies Indonesia menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat khususnya dalam pengembangan inovasi bidang transportasi.

Country Director SkyWay Technologies Indonesia, Madinatul Fadilah di Ruang Sidang Pimpinan Kantor Pusat UGM Yogyakarta, Senin, mengatakan kerja sama dengan UGM itu diharapkan dapat memberikan solusi transportasi bagi bangsa.

"Dengan begitu, Indonesia tidak akan lagi dipandang sebagai pengguna akhir namun mampu memproduksi dan menjadi pemilik dari teknologi," kata dia dalam acara penandatanganan kerja sama itu.

Dalam kesempatan itu, SkyWay Technologies Indonesia juga meluncuran program "corporate social responsibility" (CSR) berupa beasiswa dan program magang bagi mahasiswa tingkat akhir UGM.

Program tersebut, kata Madina, merupakan upaya untuk mentransfer pengetahuan dengan cepat kepada generasi muda.

Selain dengan UGM, menurut dia, SkyWay Technologies Indonesia juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa pihak di Indonesia dalam implementasi teknologi untuk mengatasi persoalan transportasi.

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Panut Mulyono mengapresisi kerja sama itu karena transportasi merupakan persoalan yang sangat mendesak untuk diatasi.

Kondisi mobilitas masyarakat yang semakin meningkat, menurut dia, membutuhkan rekayasa dan usaha pengembangan moda transportasi untuk mengurangi kemacetan.

"Inovasi terkait kendaraan merupakan salah satu cara untuk memperlancar transportasi barang dan manusia. Oleh sebab itu, inovasi harus tumbuh dengan baik di Indonesia dan menciptakan moda baru di bidang transportasi dan juga bidang lainnya," kata dia.