Urus izin tenaga kesehatan bisa online

id dinas kesehatan,izin usaha kesehatan,izin tenaga kesehatan

Dinas Kesehatan Pemkot Yogyakarta (Foto Jogja.antaranews.com)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta membuka layanan "online" untuk pengurusan izin bagi tenaga kesehatan guna memudahkan dan mempercepat proses perizinan, cukup dengan mengakses laman www.e-regulasi.co.id.

"Proses pengurusan izin secara online pasti lebih cepat. Pelayanan secara online ini juga untuk mendukung Yogyakarta sebagai `smart city," kata Kepala Seksi Regulasi dan Sertifikasi Bidang Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Waryono di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, pengurusan izin yang dilakukan secara manual akan membutuhkan waktu sekitar delapan hari. Namun, dengan cara online bisa dipercepat menjadi lima hari atau tiga hari, bahkan bisa satu hari selesai.

"Surat izin yang dikeluarkan harus ditandatangani langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Terkadang ini yang membutuhkan waktu karena mungkin saja, kepala dinas sedang bertugas di luar kota," katanya.

Sejumlah izin untuk tenaga kesehatan yang bisa diurus secara "online" di antaranya, surat izin praktik untuk dokter, bidan, apoteker, psikolog, analis kesehatan, radiografer, fisioterapis serta izin untuk tenaga kesehatan lain.

Waryono menyebut, dengan memanfaatkan layanan secara online, maka tenaga kesehatan tidak perlu datang ke kantor Dinas Kesehatan untuk mengurus perizinan tetapi cukup dengan mengakses laman pelayanan izin online.

"Setelah semua syarat dilengkapi, maka petugas akan melakukan verifikasi. Jika dinyatakan lolos, maka pemohon akan memperoleh e-mail konfirmasi dan bisa mengambil surat izin tersebut di Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta," katanya.

Waryono menyebut, pengurusan izin secara online akan terus dikembangkan sehingga tidak hanya melayani surat izin praktik untuk tenaga kesehatan saja, melainkan dapat dimanfaatkan untuk mengurus perizinan bagi fasilitas pelayanan kesehatan termasuk pelayanan kesehatan tradisional hingga sertifikasi laik sehat untuk hotel.

"Akan terus kami kembangkan sehingga pelayanan perizinan kesehatan di Kota Yogyakarta bisa semakin mudah," katanya.

Sepanjang 2017, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menerbitkan sekitar 3.000 lembar perizinan.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti memberikan apresiasi terhadap pelayanan perizinan online untuk tenaga kesehatan. "Pelayanan secara online akan semakin mempermudah proses pengurusan izin," katanya.

Ia pun menyebut bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya mengembangkan sietem layanan publik berbasis online pada tahun ini untuk meningkatkan kualitas layanan publik. 
(U.E013) 21-02-2018 15:00:27
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar