Bupati Sleman hadiri panen raya padi

id panen padi

Bupati Sleman hadiri panen raya padi

Ilustrasi panen padi (Foto Antara)

Sleman (Antaranews Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo menghadiri panen raya padi varietas Ciherang yang dikembangkan oleh anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Agro Jogotirto Mandiri, Rabu.

"Panen ini diharapkan mampu memotivasi para petani dalam memproduksi padi secara maksimal sehingga Sleman mampu mempertahankan predikatnya sebagai gudang berasnya Propinsi DIY," kata Sri Purnomo di lokasi pabeb raya di Dusun Jogotirto, Kecamatan Berbah.

Menurut dia, Pemkab Sleman terus berupaya meningkatkan inovasi dalam menjawab tantangan yang ada termasuk dalam pertanian. Salah satunya dengan menggalakkan pola tanam jajar legowo dan mewajibkan pola tanam jajar legowo bagi kelompok tani yang menerima bantuan.

"Keunggulan dari pola tanam ini adalah peningkatan hasil produksi karena pola tanam ini berimplikasi pada kemudahan dalam pemberian pupuk dan pengendalian organisme pengganggu serta kemampuan dalam menjaga kesuburan tanah karena adanya jarak tanam," katanya.

Ia mengatakan, saat ini tanaman pangan utama Kabupaten Sleman, yakni padi dan jagung, masih mengalami surplus. Untuk padi, surplus sebanyak 101.277 ton dengan produksi padi sebesar 290.672 ton, luas panen sebesar 50.854 hektare, serta produktivitas 57,15 kuintal per hektare.

Sementara jagung mengalami surplus sebesar 34.608 ton dengan produksi 47.060 ton, luas panen 6.123 hektare serta produktivitas 76,85 kuintal per hektare.

"Saya berharap ke depan petani dapat terus berinovasi mengembangkan budi daya pertanian guna meningkatkan kesejahteraan keluarga. Berkaitan dengan hal ini, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan diharapkan dapat terus memotivasi petani agar semakin inovatif dan bisa memanfaatkan teknologi tepat guna dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, Pemkab Sleman juga mewajibkan penambahan pupuk organik sebagai upaya menjaga kualitas hasil produksi yang aman bagi kesehatan, adanya pola tanam dan pemupukan berimbang, serta menggalakkan pertanian pangan yang ramah lingkungan.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Sleman Sri Purnomo juga memberikan bantuan secara simbolik kepada Gapoktan Agro Jogotirto Mandiri berupa sembilan mesin traktor.

Selain itu, Sri Purnomo juga ikut melakukan panen padi langsung di sawah bersama sejumlah tamu undangan dari beberapa instansi terkait. 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024