Shakhtar Donets tundukkan AS Roma 2-1

id Shakhtar Donets,AS ROMA

Shakhtar Donets tundukkan AS Roma 2-1

apten Shakhtar Donestk Darijo Srna (depan) merayakan golnya ke gawang Braga. ( (UEFA.COM))

Jakarta (Antaranews Jogja) - Dalam pertandingan yang enak ditonton pada leg pertama 16 Besar Liga Champions, Kamis dini hari WIB, tuan rumah Shakhtar Donets berbalik menang 2-1 melawan tamunya AS Roma.

Roma unggul lebih dulu pada menit 41 babak pertama lewat Cengiz Under. Namun pada babak kedua Shakhtar menyamakan kedua lewat gol indah Facundo Ferreyra pada menit 52. Tuan rumah berbalik unggul untuk akhirnya memenangkan pertandingan setelah bola tendangan bebas Fred bersarang di gawang Roma pada menit 71.

Shakhtar, tim pertama yang mengalahkan Manchester City musim ini, menurunkan enam peman kelahiran Amerika Selatan dalam starting lineup, kendati salah seorang dari mereka, Marlos, kini bermain untuk Timnas Ukraina.

Pemain ini menjadi tulang punggung pertahanan tuan rumah bersama dengan penjaga gawang Andriy Pyatov yang dua kali menciptakan penyelamatan gemilang saat menggagalkan peluang gol Edin Dzeko dan Federico Fazio.

Dzeko menyinyiakan sebuah peluang emas karena tembakannya tepat dijangaku Pyatov, tetapi dia sendiri yang mangaransemen gol Roma yang diciptakan Under pada menit 41 itu.

Roma tampil buruk pada babak kedua tetapi akhirnya berpuas diri berkat satu gol tandang yang menjadi bekal penting dalam menjalani leg kedua di Roma 13 Maret nanti. 

Tim asuhan Eusebio Di Francesco mungkin bisa membalikkan keadaan di Stadio Olimpico 13 Maret itu namun mereka harus tahu bahwa Shakhtar ternyata tim yang berbahaya ketika menyerang.

Susunan pemain seperti dikutip laman ESPN:
Shakhtar Donetsk: Andriy Pyatov, Yaroslav Rakitskiy, Sergey Krivtsov (Ivan Ordets), Ismaily, Bohdan Butko, Taison, Fred, Taras Stepanenko, Facundo Ferreyra, Bernard (Viktor Kovalenko), Marlos
AS Roma: Alisson, Federico Fazio, Kostas Manolas, Aleksandar Kolarov, Alessandro Florenzi (Bruno Peres), Radja Nainggolan (Gregoire Defrel), Kevin Strootman, Daniele De Rossi, Edin Dzeko, Diego Perotti, Cengiz Ünder (Gerson)