UIN Yogyakarta siap menjadi garda depan NKRI

id Barahmus,Uin

UIN Yogyakarta siap menjadi garda depan NKRI

Upacara wisuda 707 lulusan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. ( (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai institusi perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama siap berada di garda terdepan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Setiap anak bangsa yang hidup di bumi pertiwi ini memiliki tanggung jawab untuk menjaga empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang telah menjadi konsensus bersama yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI," kata Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Yudian Wahyudi.

Saat mewisuda 707 lulusan program Diploma (D3), Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) di gedung Prof HM Amin Abdullah UIN Sunan Kalijaga, Rabu (21/2), Yudian mengatakan institusinya terus melakukan berbagai ikhtiar untuk menjaga empat pilar bangsa.

Ikhtiar itu di antaranya menyosialisasikan kehidupan toleransi yang menghargai setiap perbedaan di masyarakat, mengimplementasikan Islam yang "rahmatan lil'alamin", dan mendirikan Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara (PSPBN).

Melalui PSPBN, menurut dia, UIN Sunan Kalijaga menggali kembali nilai-nilai filosofis, historis, dan sosio-antropologis Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa.

Selain itu melakukan kontekstualisasi nilai-nilai Pancasila agar selalu hidup dan menyinari kesadaran dan perilaku masyarakat Indonesia, dan melakukan "counter" ideologi atas berbagai kelompok yang berupaya mendelegitimasi Pancasila.

Secara akademik, kata Yudian, untuk memenuhi harapan pengguna (stakeholders) di tengah era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat, UIN Sunan Kalijaga melakukan penguatan penjaminan mutu melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yang telah didirikan sejak 2007.

Di bawah koordinasi LPM yang didukung kerja keras dan soliditas semua unit, UIN Sunan Kalijaga berhasil meraih Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dengan nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan sebagian besar program studi telah terakreditasi A.

"UIN Sunan Kalijaga juga berhasil menjadi anggota ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) sebagai satu tahapan untuk mendapatkan akreditasi internasional, untuk selanjutnya menuju World Class University (WCU)," kata Yudian.***
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024