KPU Gunung Kidul harapkan PPK jaga integritas

id panitia pemilihan , pemilu

KPU Gunung Kidul harapkan PPK jaga integritas

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto Mamik/ANTARA)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan panitia pemilihan kecamatan menjaga integritas dan menjalankan sesuai aturan yang berlaku saat pelaksanaan Pemilu 2019 sehingga pelaksanaannya bisa lancar.?

Ketua KPU Gunung Kidul M Zaenuri Ikhsan di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan hari ini (Rabu) pihaknya melantik 54 anggota. Hal ini merupakan tahapan Pemilu 2019.

"Jumlah anggota PPK masing-masing kecamatan tiga orang setelah dilantik mereka langsung bekerja," katanya.

Dia mengatakan PPK harus berkoordinasi dengan KPU selama bekerja. Hal itu sangat penting karena menjadi kunci jalannya pemilihan umum. Setiap anggota harus menaati aturan main yang telah ditetapkan.

"Kalau nanti menemukan masalah yang belum memiliki aturan yang pasti, tidak boleh langsung ambil keputusan dan harus dikonsultasikan dan dikoordinasikan sehingga kami mengetahui," katanya.

Zainuri mengatakan anggota PPK terpilih harus melalui beberapa tes. Tahapan tes yang dilalui mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis hingga wawancara.

"Insya Allah sudah dilakukan seleksi dan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku," katanya.

Ia berharap anggota PPK tetap menjaga integritas dan menjalankan sesuai dengan aturan yang berlaku saat pelaksanaan pemilu 2019 mendatang. Sehingga pelaksanaan pemilu bisa lancar. "Kami tekankan PPK untuk tetap menjaga integritas," katanya.

Sementara, Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan tugas PPK tidak ringan dalam tahapan Oemilu 2019. Namun dia yakin, para petugas PPK sudah diseleksi dengan baik sehingga menghaislkan petugas yang baik.

"Proses pemilu menentukan perjalanan bangsa Indonesia mendatang. Pesan saya bertugaslah secara berkwalitas dan berintegritas," katanya.

KR-STR