Kementerian ESDM meneliti tsunami di Gunung Kidul

id Tsunami

Kementerian ESDM meneliti tsunami di Gunung Kidul

Ilustrasi (Foto ANTARA/doc)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melakukan penelitian tsunami di kawasan pantai selatan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul Edi Basuki di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan ada empat orang dari Badan Geologi yang saat ini melakukan kajian di sekitar pantai selatan hingga satu minggu ke depan.

"Mereka melakukan penelitian di Gunung Kidul sekitar seminggu ke depan," katanya.

Dia mengatakan hasil penelitian sendiri nantinya akan dikaji sehingga bisa diketahui potensi bahaya tsunami yang mungkin terjadi di kawasan pantai selatan serta informasi periode ulang bencana alam tersebut.

"Nanti hasilnya akan dikirim ke kita untuk melakukan mitigasi untuk penanganan bencana ke depan," katanya.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Surisdiyanto mengatakan pihaknya memberikan bantuan penuh terkait dengan penyelidikan yang rencananya akan digelar selama 10 hari mulai tanggal 7 Maret 2018 hingga 16 Maret 2018 tersebut. Tim SAR Wilayah II Pantai Baron dalam program ini mendapatkan tugas untuk menunjukkan sejumlah titik yang bisa digali dan mungkin ditemukan endapan tsunami.

Dalam dua hari penelitian yang telah dilangsungkan, tim saat ini telah melakukan penggalian dan penelitian di dua titik di Pantai Kukup. Rencananya selain Pantai Kukup, tim akan bergerak di dua pantai lainnya, yaitu Pantai Krakal dan Sepanjang.

"Kami membantu dengan memberikan petunjuk kemungkinan endapan itu berada," katanya.



(U.KR-STR)  09-03-2018 19:31:25

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024