Baznas DIY meluncurkan Kampung Peduli Sampah

id Kampung Peduli Sampah

Peluncuran Kampung Peduli Sampah di Dusun Gaduh Desa Patalan, Bantul oleh Baznas DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Badan Amil Zakat Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan Kampung Peduli Sampah di Dusun Gaduh, Desa Patalan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, untuk meberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

"Kampung Peduli Sampah merupakan yang pertama kali di DIY, namun kalau kegiatan lain cukup banyak, tetapi bukan terkait sampah," kata Ketua Baznas DIY Bambang Sutiyoso usai meluncurkan Kampung Peduli Sampah di Dusun Gaduh, Patalan Bantul, Sabtu.

Peluncuran Kampung Peduli Sampah ditandai dengan penyerahan bantuan dana sebesar Rp50 juta dan peralatan pendukung pengelolaan sampah yang diberikan secara simbolis kepada perwakilan pengelola sampah dari pemulung di daerah Patalan.

Menurut dia, program Kampung Peduli Sampah dilatarbelakangi karena sampah sering menjadi masalah masyarakat, karena pengelolaan sampah masih dipandang sebelah mata sehingga melalui kegiatan pengelolaan sampah mandiri ini bisa mendorong masyarakat makin peduli sampah.

"Paling tidak ini jadi pertama Kampung Peduli Sampah, kalau ini berhasil kami akan mencoba melihat kampung lain dan ini harus membutuhkan komitmen masyarakat, apalagi bantuan cukup besar yang diberikan untuk masyarakat di sini," katanya.

Namun demikian, kata Bambang, setelah peluncuran Kampung Peduli Sampah di Gaduh Patalan akan dilakukan pemantauan untuk melihat sejauh mana keberhasilan program tersebut, termasuk memberikan pendampingan pengelola sampah di kampung ini.

"Karena pengelolaan itu ada konsultan ahlinya dan masyarakat sudah membuat semacam pokja relawan yang harapannya bisa terus berjalan. Tapi kami akan memantau dan evaluasi secara periodik per bulan melalui relawan yang datang ke sini," katanya.

Bambang mengatakan dana yang diberikan untuk masyarakat dalam program Kampung Peduli Sampah itu merupakan dana zakat yang pemanfaatannya harus bisa dipertanggungjawabkan dan sesuai peruntukannya harus dapat meningkatkan kesejahteraan kaum duafa dengan pengelolaan sampah.

Lurah Desa Patalan Sudiharjo mengatakan, program Kampung Peduli Sampah di Dusun Gaduh ini harapannya bisa meningkatkan kesejehtaraan masyarakat dan mendukung program Pemkab Bantul, yaitu Bantul bersih sampah pada 2019.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menunjang program Bantul yang mencanangkan Bantul Bersih Sampah 2019 yang berkaitan dengan lomba Adipura. Jadi kegiatan terkait dengan pengelolaan sampah menjadi prioritas," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar