DIY diharapkan mengalokasikan danais membangun Bukit Menoreh

id Bupati Kulon Progo ,Bedah Menoreh,Bukit Menoreh,Dana Keistimewaan

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo bersama "Forkominda" melepas burung merpati yang menandakan dibukanya obyek wisata Canting Mas di puncak Dipowono Kulon Progo (Foto Antara/Mamiek/ags/15)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan provinsi mengalokasikan dana keistimewa untuk membangun infrastruktur jalan dan pariwisata di kawasan Bukit Menoreh guna mendukung Kawasan Strategis Pembangunan Nasional Borobudur.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo di Kulon Progo, Minggu, mengatakan kawasan Bukit Menoreh yang meliputi Kecamatan Kokap, Girimulyo, Samigaluh, dan Kalibawang merupakan wilayah kantong kemiskinan di daerah ini sehingga perlu dibangun infrastruktur agar menggerakkan ekonomi masyarakat.

"Jalan Bedah Menoreh yang menjadi program utama Pemkab Kulon Progo dibangun di kantong-kantong kemiskinan. Untuk itu, kami berharap Pemda DIY mengalokasikan dana keistimewaan (danais) untuk pembangunan jalan," harapnya.

Menurut dia, jalan utama yang menghubungkan New Yogyakarta International Airport (NYIA) dengan KSPN Borobudur dirancang dari NYIA-Purworejo-Borobudur tidak melewati jalan yang sudah ada atau pembuatan jalan baru.

Meski demikian, Hasto bertekad membangun jalan melalui program Bedah Menoreh, karena saat ini, sudah ada 12 destinasi wisata siap menyambut adanya Bandara NYIA. Adapun destinasi wisata yang dimaksud, yakni Waduk Sermo, Kalibiru, Pule Payung, Sungai Mudal, Gua Kiskendo, hingga Kebun Teh Nglinggo Tritis.

Menurut dia, kalau tidak membangun infrastruktur jalan di kawasan Bukit Menoreh, masyarakat hanya akan menjadi penonton dengan adanya Bandara NYIA.

"Kami sudah mulai membangun jalan Bedah Menoreh sesuai kemampuan keuangan daerah, dan berusaha mengakses dana dari pemerintah pusat dan dana keistimewaan," katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan di kawasan Bukit Menoreh banyak ditemukan mutiara-mutiara di kantung kemiskinan yang harus dibangun guna mendukung KSPN Borobudur.

"Hal ini menjadi perkerjaan rumah bagi kami, bagaimana membangkitkan wisata dan segala potensi di kantung-kantung kemiskinan di kawasan Bukit Menoreh," katanya.



(U.KR-STR)
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar