Yenny Wahid berbicara tentang perempuan desa di PBB

id yenny wahid

Yenny Wahid (foto antaranews.com)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid berbicara di hadapan hadirin Markas Persatuan Bangsa-bangsa di New York, Amerika Serikat, mengenai pelibatan perempuan di tingkat desa dalam upaya global menanggulangi bahaya radikalisme dan terorisme.

        "Makin berdaya seorang perempuan, makin kecil kemungkinan dia terpapar aksi radikalisme," kata Yenny dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa.

        Dalam pertemuan tingkat tinggi yang diselenggarakan oleh UN Women bekerja sama dengan United Nations Office of Counter Terrorism (UNOCT), dia mengatakan penguatan masyarakat desa, terutama perempuan, maka dampaknya langsung terasa secara masif.

        "Pelibatan perempuan dalam upaya pencegahan radikalisme mutlak dilakukan mengingat perempuan adalah salah satu korban utama ketika terjadi kekerasan di masyarakat," kata dia.

        Dalam pertemuan yang dihadiri oleh pimpinan tinggi beberapa lembaga PBB tersebut Yenny menjelaskan dampak dari programnya yang banyak menyasar masyarakat di tingkat akar rumput. Mereka tertarik dengan program Kampung Damai yang kami inisiasi di berbagai desa di pulau Jawa.

        "Melalui program ini, kami memberikan pelatihan dan penguatan ekonomi untuk para ibu di tingkat akar rumput, ditambah dengan pelatihan tentang upaya perdamaian yang bisa mereka praktikkan di komunitasnya masing-masing," kata dia.

        "Saya senang bahwa kami mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan program ini karena ini berarti promosi untuk Indonesia," katanya. 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar