Pemerintah bangun tiga jembatan di Gunung Kidul

id Pembangunan jembatan

Pemerintah bangun tiga jembatan di Gunung Kidul

Ilustrasi (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Pusat akan membangun tiga jembatan gantung di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang rusak akibat bencana akhir November 2017 lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunung Kidul Edy Praptono di Gunung Kidul, Rabu, menyampaikan dari laporan masuk ada 11 jembatan putus maupun anjlok, menyebabkan ratusan warga terisolasi, atau untuk menuju daerah lain harus memutar jalan puluhan kilometer.

"Awal tahun ini tiga jembatan gantung akan dibangun oleh Pemerintah Pusat," katanya.

Ia mengatakan tiga jembatan itu yakni Jelok, Desa Beji, Patuk; Wonolagi, Desa Ngleri, Playen dan Mojorejo, Desa Katongan, Nglipar. Targetnya tahun ini ketiga jembatan itu akan bisa dioperasikan.

"Tahun ini bisa digunakan kembali jembatan yang dibangun," katanya.

Edy menjelaskan jika pihaknya menyiapkan dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL) untuk melengkapi agar pemerintah pusat segera membangun.

"Setelah UKL-UPL selesai, pemerintah pusat baru membangun jembatan gantung di tiga lokasi tersebut," katanya.

Salah? warga Dusun Jelok, Beji, Patuk, Sukri mengatakan Jembatan Jelok rusak karena banjir akhir November 2017, hingga kini belum diperbaiki. Masyarakat yang akan beraktifitas harus berputar sejauh 10 km atau menaiki perahu.

"Semoga segera dibangun jembatan lagi, sehingga masyarakat bisa beraktivitas dengan normal," katanya.


(U.KR-STR) 14-03-2018 18:43:14

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024