"Si Pantip" diharapkan motivasi kampung tertib

id kampung tertib,Kota Yogyakarta

"Si Pantip" diharapkan motivasi kampung tertib

(Foto Antara/Hery Sidik) (Foto Antara/Hery Sidik/)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pengharagaan "Si Pantib" yang diberikan kepada Kampung Panca Tertib terbaik diharapkan mampu meningkatkan motivasi seluruh kampung di Kota Yogyakarta menjadi kampung yang tertib.

"Penghargaan ini menjadi acuan, dan memberikan sentilan serta motivasi agar seluruh kampung meningkatkan diri agar tercipta ketertiban yang lebih baik," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Jumat.

Hingga saat ini, Kota Yogyakarta sudah memiliki 50 kampung yang mendeklarasikan diri sebagai Kampung Panca Tertib dan Heroe berharap, jumlah Kampung Panca Tertib semakin bertambah.

Menurut dia, peran masyarakat melalui kampung merupakan salah satu aspek penting dalam mewujudkan Kota Yogyakarta yang tertib, aman dan nyaman.

"Pemerintah tidak mampu bekerja sendiri untuk bisa mewujudkan ketertiban. Perlu peran aktif masyarakat dengan menjaga ketertiban dari lingkungan mereka. Masyarakat harus memiliki kepedulian untuk menciptakan ketertiban," katanya.

Pemberian penghargaan "Si Pantib" dilakukan sebagai bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun ke-68 Satuan Polisi Pamong Praja. Penghargaan tersebut baru diberikan untuk pertama kalinya sejak Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta meluncurkan gerakan Kampung Panca Tertib pada 2015.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta Nurwidi Hartana mengatakan, terdapat lima aspek utama ketertiban dalam Kampung Panca Tertib yaitu tertib daerah milik jalan, tertib usaha, tertib bangunan, tertib lingkungan dan tertib sosial.

Pada pemberian penghargaan yang digelar di Balai Kota Yogyakarta Kamis (15/3) malam, terdapat sembilan kampung yang menerima penghargaan.

Kampung Kepatihan Kelurahan Purwokinanti ditetapkan sebangai Kampung Panca Tertib terbaik untuk kategori daerah milik jalan.

Sedangkan kategori tertib usaha diraih Kampung Bangirejo Kelurahan Karangwaru, tertib bangunan diraih Kampung Gendeng Kelurahan Baciro, tertib lingkungan diraih Kampung Tejokusuman Kelurahan Notoprajan dan tertib sosial diraih Kampung Ngampilan Kelurahan Ngampilan.

Selain itu, masih ada empat kategori lain yaitu tertib jam belajar masyarakat diraih Kampung Cokrokusuman Kelurahan Cokrodiningratan, kategori tertib administrasi kependudukan diraih kampung Ledok Tukangan Kelurahan Tegalpanggung, kategori tertib pengelolaan limbah rumah tangga diraih Kampung Gedongan Kelurahan Purbayan dan kategori tertib penyelenggaraan pondokan diraih Kampung Lempuyangan.

"Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada kampung yang telah mendeklarasikan diri untuk menjaga ketertiban," kata Nurwidi.

(E013)