Panwaslu Sleman buka pendaftaran pengawas tingkat desa

id panwaslu sleman

Panwaslu Sleman buka pendaftaran pengawas tingkat desa

Panwaslu Kabupaten Sleman (istimewa)

Sleman (Antaranews Jogja) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuka pendaftaran untuk pengawas di tingkat desa mulai 19 hingga 24 Maret 2018.

"Kami membuka pendaftaran panitia pengawas pemilu hingga tingkat desa guna mengawal tahapan pelaksanaan Pemilu serentak 2019," kata Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Kabupaten Sleman Vici Herawati, Senin.

Menurut dia, pengawas di tingkat desa tersebut diperlukan untuk memperkuat personel panitia pengawas di tingkat kecamatan (Panwascam).

"Panwascam se-Kabupaten Sleman membutuhkan keberadaan pengawas di tingkat desa atau Panwaslu desa untuk mengawal pelaksanaan pemilu anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten serta pemilihan presiden dan wakil presiden yang akan diselenggarakan secara serentak di Indonesia pada 17 April 2018," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyebarluaskan pengumuman pendaftaran ini di papan-papan pengumuman strategis di kantor desa/kelurahan.

"Saat ini sudah banyak yang tahu informasi pendaftaran ini, bahkan sudah memviral di media sosial," katanya.

Vici mengatakan, peran pengawas desa sangat vital karena menjadi ujung tombak pengawasan sekaligus penentu kualitas pemilu di tingkat desa, diharapkan masyarakat berpartsisipasi mendaftar dan bergabung dengan kepengawasan pemilu di tingkat desa.

"Semakin banyak yang mendaftarkan semakin banyak pilihan dan mereka yang beintegritas yang akan dipilih," katanya.

Koordinator Divisi Hubungan antar Lembaga Panwaslu Sleman Karim Mustofa mengatakan jumlah Panwaslu desa ini terdiri dari satu orang tiap desa atau kelurahan.

"Seleksi Panwaslu desa akan dilakukan transparan dan profesional oleh panwas kecamatan. Pengumuman hasil penelitian berkas administrasi 31 Maret 2018," katanya.

Ia mengatakan, pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi wawancara pada 4 April 2018 dan hasilnya akan diumumkan 5 April 2018.

"Mereka yang lolos sebagai calon Paswaslu desa akan dilantik 7 April 2018," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024