Bantul membangun sarana prasarana utara Pantai Depok

id Pantai depok

Bantul membangun sarana prasarana utara Pantai Depok

Laguna Pantai Depok, Kabupaten Bantul, DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan membangun sarana dan prasarana di utara Pantai Depok, Parangtritis untuk mendukung pengembangan dan penataan kawasan wisata selatan itu.

"Kita punya konsep dan desain yang arahnya memang akan kita tata kawasan Pantai Depok, sehingga bahasa kami tahun ini adalah kita bangunkan sarana prasarana," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto di Bantul, Rabu.

Menurut dia, sarana dan prasarana yang akan dibangun di sisi utara kawasan Pantai Depok itu merupakan bagian dari langkah awal penataan kawasan Pantai Depok yang saat ini banyak terdapat bangunan warung kuliner tepi pantai.

Ia mengatakan, jika pembangunan sarana prasarana sebagai tahap awal penataan kawasan Pantai Depok punya progres ke depan, maka penataan akan dilanjutkan ke arah selatan dengan konsep dan desain yang terus disosialisasikan ke pelaku wisata.

"Sarana prasarana itu tentunya dengan beberapa modifikasi untuk kita ujicobakan kira-kira cocok tidak untuk pengembangan kawasan di sana, tahun ini sudah mulai, bahkan sebentar lagi mudah-mudahan di April kita lakukan lelang," katanya.

Kwintarto mengatakan, sarana dan prasanan yang akan dibangun tersebut bentuknya fasilitas untuk menjual aneka makanana, toko suvenir dan tambatan perahu di kawasan Laguna Depok atau wisata susur muara dengan perahu.

"Jadi di Laguna Depok sama di timur agak selatan, tetapi nanti kalau memang diizinkan atau disetujui pada saatnya pengembangan sampai ke selatan, kita akan uji coba, namun arahnya kita harapkan sampai ke selatan," katanya.

Ia menjelaskan, berkaitan dengan penataan dan pengembangan kawasan Pantai Depok, pihaknya bersama instansi terkait, pemerintah desa setempat dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) terus melakukan sosialisasi agar eksekusinya berjalan lancar.

"Sudah kita jelaskan secara gamblang, bahwa ada dana sebesar Rp8,25 miliar itu untuk mendukung sisi utara kawasan Depok yang dekat dengan Laguna Depok. Bantul punya konsep menata tidak akan menggusur ataupun membuat masyarakat resah," katanya.


(T.KR-HRI) 21-03-2018 08:59:46

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024