Germas melalui yoga menyehatkan fisik dan mental

id menkes

Germas melalui yoga menyehatkan fisik dan mental

Menkes Nila Djuwita F Moeloek (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui olahraga yoga bisa membantu menyehatkan fisik dan mental seseorang agar terhindar dari bermacam penyakit, kata Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

        "Aktivitas fisik yang tepat, terukur, dan teratur diharapkan akan menyehatkan bukan hanya fisik, melainkan juga mental spiritual masyarakat sebab akhir-akhir ini masalah kesehatan jiwa termasuk stres cenderung meningkat di kalangan masyarakat kita," kata Menkes dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

   Dalam acara Saka Yoga Festival di Cibubur Jakarta, Menkes Nila berharap acara tersebut dapat menjadi sarana untuk mereformasi diri agar menjadi lebih baik. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas diri, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi lingkungan.

        "Pelaksanaan yoga ini lebih digiatkan lagi kepada seluruh lapisan masyarakat yang terutama adalah keluarga. Dengan demikian dapat mendorong pelaksanaan yoga yang maksimal dan massif sehingga hasilnya dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat dan setiap individu untuk menjadi insan yang lebih baik," kata Nila.

    Nila berharap peran serta masyarakat dalam kegiatan di bidang kesehatan, utamanya promotif, preventif, termasuk Germas yang diharapkan semakin meningkat pada masa mendatang.

        Tiga perilaku yang dibudayakan dalam Germas untuk menjadi bagian hidup kita sehari-hari adalah melakukan akitifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, makan makanan dengan menu bergizi dan cukup buah serta sayur, dan periksa kesehatan setiap enam bulan sekali.

        "Germas adalah bagian dari upaya promotif-preventif guna mengubah pola pikir dari paradigma sakit menjadi paradigma sehat," kata Nila.

        Upaya tersebut, tambah Nila, akan berhasil jika semua turut mensukseskannya dan memberikan teladan bagi masyarakat di lingkungan  dengan berperilaku sehat.

        "Kesehatan adalah anugerah Tuhan yang sangat berharga. Oleh karena itu harus selalu kita jaga dan pelihara dengan sungguh-sungguh sepanjang hidup kita," kata Menkes.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024