TPAS pesisir diharapkan kurangi sampah kawasan wisata

id Sampah pantai

TPAS pesisir diharapkan kurangi sampah kawasan wisata

Ilustrasi sampah di pesisir (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan rencana pembanguanan tempat pengolahan akhir sampah (TPAS) di kawasan pesisir bisa mengurai sampah yang selama ini banyak menumpuk di kawasan wisata.

Sekretaris Daerah Gunung Kidul Drajat Ruswandono di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan, pemkab berkomitmen dalam membangun TPAS di kawasan pesisir tersebut.

"Selain sebagai pembuangan akhir sampah kawasan wisata, TPAS kawasan pesisir mengantisipasi peningkatan volume sampah saat sudah selesainya jalur jalan lintas selatan (JJLS). Untuk itu, kami menyerahkan sepenuhnya masalah pembuatan TPAS di kawasan pesisir ke Dinas Lingkungan Hidup," katanya.

Dia mengatakan dengan adanya TPAS diharapkan bisa mempercepat pengangkutan sampah di kawasan wisata. Dengan demikian, pengunjung bisa nyaman dalam berwisata.

"Diharapkan adanya TPAS di kawasan pesisir akan mudah dalam pengelolaan sampah di kawasan pariwisata, karena selama ini pelaku usaha kesulitan membuang sampah," katanya.

Drajat mengatakan sampai saat ini masih dilakukan kajian lokasi. Ada tiga opsi yakni kawasan di Desa Banjarejo, Tanjungsari; Desa Monggol, Saptosari dan Desa Tepus, Kecamatan Tepus.

Semester pertama tahun 2018 harus sudah selesai penentuan lokasi, dan tahun depan bisa dilakukan pembangunan fisiknya.

"Kami sudah mendorong Dinas Lingkungan Hidup untuk segera merealisasakian," katanya.

Sementara salah seorang pemilik rumah makan Griyo Wono di Desa Kemadang, Tanjungsari, Ngatno meminta agar pembuatan TPAS di kawasan pesisir dilakukan dengan kajian yang matang, sehingga nantinya lokasi yang ditentukan tidak mengganggu usaha masyarakat. "Kami berharap pemerintah melakukan kajian secara matang," katanya.