Airlangga: industri otomotif menyumbang 10,16 persen PDB

id airlangga hartarto

Airlangga: industri otomotif menyumbang 10,16 persen PDB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto Antara)

 Jakarta (Antaranews Jogja) - Industri otomotif menyumbang sebesar 10,16 persen kepada Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2017 serta mampu menyerap tenaga kerja langsung sekitar 350 ribu orang dan tenaga kerja tidak langsung sebanyak 1,2 juta orang.

         Demikian disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat mewakili Presiden Joko Widodo untuk menerima anugerah "News Maker of The Year" atas peran dan arahannya dalam pengembangan produk anak bangsa, khususnya pada sektor otomotif.

         "Kebutuhan masyarakat akan produk-produk otomotif pun semakin meningkat dan pada 2020 nanti ditargetkan Indonesia mampu memproduksi lebih dari 1,29 juta unit, baik untuk memenuhi kebutuhan domestik maupun basis produksi untuk tujuan ekspor,¿ kata Airlangga, melalui keterangannya di Jakarta, Rabu.

         Airlangga menyampaikan, hingga saat ini Presiden Joko Widodo selalu menujukkan perhatian yang lebih terhadap sektor otomotif.

        Perhatian tersebut misalnya dimulai ketika menjadi Walikota Solo yang mendorong pengembangan mobil Esemka. 

    "Program yang difokuskan pada peningkatan penggunaan komponen dalam negeri ini, kemarin di Kemenperin telah ditampilkan melalui program Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) dengan lokal kontennya melebihi 90 persen dan sudah terdapat lima tipe yang akan dipasarkan,¿ imbuhnya.

         Menurut Airlangga, upaya yang telah dilakukan Kementerian Perindustrian itu sesuai dengan harapan Presiden Jokowi.
 
    "Nantinya akan muncul industri yang berbasis angkutan pedesaan. Kami sudah monitor, harganya cukup terjangkau, rata-rata di bawah Rp80 juta. Kemenperin tengah membuat policy-nya,¿ ungkapnya.

         Lebih lanjut, tren industri otomotif ke depan secara global adalah menuju ke arah produksi kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan.
 
    Bagi Indonesia, sesuai komitmen pada COP21 untuk mengurangi emisi CO2 sebanyak 29 persen atas usaha sendiri dan 41 persen dengan bantuan internasional pada 2030, pemerintah telah menyiapkan langkah-langkah dalam rangka mengantisipasi hal-hal tersebut.

         Langkah strategis yang telah dilakukan, antara lain melalui program Low Cost Green Car (LCGC) pada 2013, hingga pengembangan "Low Carbon Emmission Vehicle" (LCEV), termasuk di dalamnya adalah mendorong produksi kendaraan listrik. 

    "Pada 2025, ditargetkan 20 persen yang diproduksi oleh industri otomotif di Indonesia adalah kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan,¿ ujar Menperin.

         Untuk itu, berbagai kebijakan dan insentif pengembangan sektor industri otomotif terus disempurnakan untuk mendorong pertumbuhan manufaktur serta investasinya. 

    "Selain itu, untuk mendorong ekspor, kami telah mengusulkan insentif untuk sedan, dengan penurunan PPnBM,¿ kata Airlangga.
 
    Oleh karenanya, dibutuhkan kerja sama dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan agar kebijakan yang dikeluarkan tepat sasaran dan dapat berjalan dengan baik.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024